Perancangan Urban Food Hub di Surabaya dengan pendekatan bioklimatik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syar'illah, Ahmad Wafi (2023) Perancangan Urban Food Hub di Surabaya dengan pendekatan bioklimatik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Wafi Syar'illah _H93219036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan dasar manusia yang paling utama adalah bahan pangan, dan ini harus dipenuhi secara konsisten, terutama di perkotaan. Agar kebutuhan pangan masyarakat kota terpenuhi, perlu dilakukan berbagai upaya, salah satunya adalah mewujudkan ketahanan pangan. Urban Food Hub sangat dibutuhkan untuk mengembangkan pusat pangan dan mewujudkan ketahanan pangan di kota ini. Urban Food Hub dianggap sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan, mempromosikan wisata pertanian, dan menjaga ketahanan pangan di wilayah Kota Surabaya. Kota Surabaya menjadi kota yang relevan dalam konteks ini karena sebagai kota terpadat kedua di Indonesia, menghadapi potensi terjadinya overpopulasi yang berdampak pada keterbatasan lahan dan ketersediaan bahan pangan. Selain itu, perancangan ini juga berhubungan dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Surabaya Tahun 2014-2034. Dalam merancangnya, pendekatan arsitektur bioklimatik digunakan untuk menggabungkan keberlanjutan dan kesadaran terhadap lingkungan alam, sehingga masyarakat diharapkan dapat tumbuh kesadaran untuk merawat dan menjaga kelestarian lingkungan alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syar'illah, Ahmad Wafiahmdwafii01@gmail.comH93219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHeryanti, Septiaseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id,2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Urban Food Hub; pangan; pertanian; bioklimatik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Ahmad Wafi Syar'illah
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:03
Last Modified: 21 Aug 2023 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64359

Actions (login required)

View Item View Item