Analisis kepentingan kerja sama bilateral Indonesia-Korea Selatan dalam penandatanganan MoU on Cooperation in the Fields Of Employment and Labour Affairs for Fisherman for Working on Korean Coastal Fishing Vessels Tahun 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auralia, Serena (2023) Analisis kepentingan kerja sama bilateral Indonesia-Korea Selatan dalam penandatanganan MoU on Cooperation in the Fields Of Employment and Labour Affairs for Fisherman for Working on Korean Coastal Fishing Vessels Tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Serena Auralia_I92218097 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia dan Korea Selatan yang diwakilkan oleh masing-masing kementerian telah menjalin kerja sama bilateral yang ditandai dengan penandatanganan MoU on Cooperation in the Fields of Employment and Labour Affairs for Fisherman for Working on Korean Coastal Fishing Vessels pada 2021, mengenai Awak Kapal Perikanan Indonesia (AKPI). Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepentingan dalam kerja sama bilateral antara Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Korea Selatan dengan menandatangani kesepakatan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif eksplanatif dan menggunakan data primer dan sekunder. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah hubungan bilateral dan kepentingan nasional berdasarkan difinisi dari Rosenau. Dalam penelitian ini berdasarkan data yang didapat, terjadinya kerja sama bilateral dalam penandatanganan MoU Fisherman pada 2021 yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia karena memiliki kepentingan dalam memberikan perlindungan bagi Awak Kapal Perikanan Indonesia baik dari sebelum hingga selesai bekerja, sedangkan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Korea Selatan karena memiliki kepentingan dalam upaya memenuhi pekerja migran perikanan dan mengurangi jumlah pekerja migran ilegal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auralia, Serenaauraliaserena@gmail.comI92218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Hubungan Internasional
Kerjasama Internasional
Politik Internasional
Keywords: Kerja sama bilateral; kepentingan; Indonesia; Korea Selatan, MoU Fisherman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Unnamed user with email serenaauralia89@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:45
Last Modified: 22 Aug 2023 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64368

Actions (login required)

View Item View Item