Perancangan pusat seni dan budaya di Mojokerto dengan pendekatan extending tradition

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Nia Novita (2023) Perancangan pusat seni dan budaya di Mojokerto dengan pendekatan extending tradition. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Novita Sari_H93219051 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mojokerto merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki beragam jenis seni dan kebudayaan serta sering diidentifikasi atau dikaitkan dengan Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan besar yang pernah berjaya di Indonesia. Hal tersebut berdasarkan temuan benda-benda dan bangunan purbakala yang ditemukan di berbagai wilayah di Mojokerto. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, pola pikir masyarakat telah mengalami perubahan yang menyebabkan pandangan bahwa kebudayaan sudah kehilangan daya tariknya. Melalui isu tersebut maka diperlukan tempat yang mewadahi dan mengedukasi baik warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung di era modern seperti saat ini dengan pendekatan yang dapat diterapkan di masa kini namun tetap mempertahankan tradisi dan nilai-nilai kebudayaan yang telah ada. Pendekatan Extending Tradition memiliki kecocokan untuk dijadikan tema perancangan karena Extending Tradition memiliki pandangan yang lebih inovatif terhadap tradisi lokal atau sebuah budaya, namun tidak meninggalkan nilai-nilai dari budaya dan juga dianggap mempunyai kemudahan tersendiri dalam mendesain sebuah bangunan, khususnya pusat seni dan budaya, karena unsur budaya sangat penting terapannya di perancangan ini. Proses mendesain memiliki kemudahan karena diperoleh dari bentuk dasar yang diterapkan yaitu hasil mengutip secara langsung dari arsitektur tradisional kemudian dimodifikasi secara kreatif dan inovatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Nia Novitanianovyta@gmail.comH93219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Budaya
Keywords: Pusat seni dan budaya; Majapahit; Mojokerto; extending tradition
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Nia Novita Sari
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:52
Last Modified: 16 Aug 2023 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64380

Actions (login required)

View Item View Item