Implementasi program kelas digital dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zerin, Faradina (2022) Implementasi program kelas digital dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faradina Zerin_D93217053 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan, salah satunya ialah kurikulum. Indonesia sendiri saat ini menggunakan kurikulum 2013/K13. Kemajuan zaman menuntut pendidikan agar dapat mengikuti perkembangan zaman teknologi saat ini. Dengan begitu, teknologi diharapkan mampu memperbaiki serta meningkatkan mutu pendidikan sehingga dalam proses belajar mengajar siswa dapat mengikuti perkembangan zaman saat ini. Kelas digital merupakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan internet, alat digital serta multimedia sebagai sarana untuk mendukung proses pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program kelas digital di SMP Negeri 1 Lamongan, mendeskripsikan dan menganalisis strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Lamongan, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program kelas digital dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Lamongan, mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dari implementasi program kelas digital dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Lamongan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif . Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan menggunakan teknik analisis tematik yang dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu memahami data, menyusun kode, dan menentukan tema. Adapun keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Implementasi program kelas digital sudah berjalan sejak 05 Januari 2020 sebelum adanya pandemi covid-19 dan masih berjalan hingga saat ini. Program ini berjalan dengan efektif dan efisien sesuai harapan. (2) Upaya meningkatkan mutu di SMP Negeri 1 Lamongan yakni dengan berusaha terus melaksanakan 8 Standar Nasional Pendidikan dan akan terus berusaha untuk menyempurnakan sebagaimana mestinya. (3) Implementasi program kelas digital di SMP Negeri 1 Lamongan ini sangat berdampak terhadap mutu pendidikan dan prestasi siswa. Karena adanya digitalisasi maka mempermudah segala kegiatan dalam belajar mengajar. Jadi sangat erat kaitannya program kelas digital dengan mutu pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zerin, Faradinafaradinazerin6@gmail.comD93217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam-2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Belajar
Pendidikan
Keywords: Implementasi; kelas digital; mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Faradina Zerin
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:45
Last Modified: 16 Aug 2023 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64390

Actions (login required)

View Item View Item