Perancangan pondok pesantren modern bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya dengan pendekatan arsitektur perilaku

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzarajad, Suryani (2023) Perancangan pondok pesantren modern bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya dengan pendekatan arsitektur perilaku. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suryani Dzarajad_H73219032 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khsuus merupakan anak-anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan perilakunya sehari-hari. Dan ABK penyandang Autis termasuk dalam anak-anak yang memiliki hambatan signifikan dalam interaksi perilaku, komunikasi dan sosialnya. Yayasan Autisme Indonesia menyatakan jumlah anak yang menyandang autis yaitu 1 berbanding 150 dari jumlah kelahiran tiap kota. Di Jawa Timur angka anak autis terus bertambah tiap tahunnya, bersumber dari Statistik SLB tahun 2011-2018 terakhir, mencapai 634 anak menderita autis. Surabaya sendiri tahun 2016 terakhir diperkirakan memiliki angka kelahiran anak sebanyak 60.588 jiwa sehingga diprediksi anak dengan gangguan autisme bertambah 404 anak. Hal tersebut tidak sebanding dengan jumlah wadah pendidikan yang ada untuk fasilitas anak autis. Perancangan Pondok Pesantren Modern Bagi Anak Berkebutuhan Khusus ini berada di Kota Surabaya tepatnya di Kecamatan Sukomanunggal. Pondok pesantren modern ini dikhususkan bagi anak berkebutuhan khusus penderita autis. Arsitektur perilaku merupakan pendekatan yang digunakan pada perancangan ini. Pendekatan arsitektur perilaku bertujuan untuk melatih daya sensorik dan motorik dengan mengakomodasi kebutuhan dan memudahkan setiap perilaku atau aktivitas yang dilakukan santri dalam pondok pesantren. Sehingga pada perancangan ini menghasilkan bentukan bangunan, sirkulasi, kondisi fisik pengguna, dengan melengkapi fasilitas sesuai kebutuhan pengguna yang disesuaikan dengan kemanan, kenyamanan, dan karakter dari para santri ABK Autis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzarajad, Suryanisyani3596@gmail.comH73219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Arsitektur
Pesantren
Perilaku
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus; autis; Surabaya; pondok pesantren modern; arsitektur perilaku
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Suryani Dzarajad
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:03
Last Modified: 16 Aug 2023 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64391

Actions (login required)

View Item View Item