Perancangan ekowisata kopi di Gombengsari dengan pendekatan arsitektur ekosentris

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Elvina Nabila (2023) Perancangan ekowisata kopi di Gombengsari dengan pendekatan arsitektur ekosentris. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elvina Nabila Ramadhani_H73219019.pdf

Download (33MB)

Abstract

Konsep pariwisata yang dilakukan di Gombengsari adalah konsep wisata edukasi. Petani kopi belum bisa memaksimalkan hasil panen dan pemasarannya sehingga keberadaan kebun kopi belum mensejahterakan masyarakat. Petani di Desa Gombengsari belum melakukan proses pengolahan limbah rumah tangga yang baik dengan mekanisme pembuangan sampah yang masih ditimbun dan dibakar. Polusi pada tanah dapat mengakibatkan menurunnya produktivitas tanah yang dapat berdampak pada kesehatan makhluk hidup di sekitarnya. Pembuangan limbah hasil budidaya kopi termasuk pestisida, pupuk, dan juga kulit kopi menjadi satu permasalahan yang perlu solusi praktis. Maka perlunya sebuah pengembangan konsep pariwisata kopi yang perjalanan wisatanya dikemas secara profesional yang mempertimbangkan warisan budaya, partisipasi dan kesejahteraan penduduk lokal serta upaya-upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan yaitu adanya Perancangan Ekowisata Kopi yang memerlukan konsep pendekatan arsitektur ekosentris yang mengisyaratkan pentingnya pembangunan yang menghubungkan antara kegiatan manusia, arsitektur, dan alam sehingga ada keseimbangan dari ketiganya.Tujuan perancangan yaitu menghasilkan rancangan Ekowisata Kopi di Gombengsari dengan menggunakan pendekatan Arsitektur Ekosentris dengan menggunakan metode teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, tinjauan literatur, dan studi komparasi. Hasil desain menghasilkan perancangan yang dapat menyelesaikan isu lingkungan dengan implementasi desain yang memerhatikan lingkungan, menambah nilai pendapatan, dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Elvina Nabilaelvinabila18@gmail.comH73219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Ekologi
Keywords: Gombengsari; lingkungan; ekosentris; kopi; ekowisata
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Elvina Nabila Ramadhani
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 23 Aug 2023 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64405

Actions (login required)

View Item View Item