Self healing dalam kitab tafsir al-azhar karya Hamka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningrum, Via Sinta Mukharomah (2023) Self healing dalam kitab tafsir al-azhar karya Hamka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
VIA SINTA MUKHAROMAH WAHYUNINGRUM_E93219126.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu pemicu munculnya gangguan-gangguan mental adalah adanya media sosial. Hal ini dikarenakan semakin mudah mendapat update-update-an tentang orang lain maka semakin gencar juga diri untuk sibuk membandingkan pencapaiannya dengan pencapaian orang lain. Dampak pada kesehatan mental perlu diperhatikan dengan serius karena kesehatan mental juga mempengaruhi kesehatan secara fisik dan psikis. Namun, banyak pemahaman masyarakat yang keliru terhadap metode untuk menjaga dan memulihkan kesehatan mental. Hal ini yang melatarbelakangi untuk membahas lebih lanjut terkait self-healing. Dengan demikian, masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana konsep self-healing perspektif Hamka dalam kitab Tafsir Al-Azhar? Dan 2) Bagaimana relevansi self-healing perspektif Hamka dengan metode self-healing dalam psikologi? Untuk menjawab kedua masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode maudhu’i serta riset pustaka (library research). Dengan mengaplikasikan kedua metode ini, maka menghasilkan konsep self-healing perspektif kitab Tafsir Al-Azhar karya Hamka yaitu self-healing dalam Islam erat dengan aktivitas dhikr Alla>h (mengingat Allah) di antaranya zikir, salat, sabar, dan syukur. Metode-metode self-healing perspektif Hamka juga memiliki relevansi dengan metode self-healing dalam psikologi yakni zikir dengan mindfulness, salat dengan meditasi, sabar dengan forgiveness, serta relevansi syukur dengan gratitude. Kesimpulan penelitian ini yaitu inti dari self-healing adalah metode yang dapat memberikan ketenangan pada pikiran dan hati. Menurut Hamka, segala aktivitas mengingat Allah dapat memberi ketenangan pada jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa dimensi spiritual memiliki dampak yang besar untuk penyembuhan luka batin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningrum, Via Sinta Mukharomahviasinta01@gmail.comE93219126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamaang.efha@gmail.com2006075901
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Kesehatan mental; self healing; tafsir al azhar; hamka; psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Via Sinta Mukharomah Wahyuningrum
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:13
Last Modified: 25 Aug 2023 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64413

Actions (login required)

View Item View Item