حروف العطف في كتاب تيسير الخلاق لحافظ حسن المسعودي - Huruf-huruf Athaf dalam Kitab Taisirul Khollaq karya Hafidz Hasan Al Mas’udi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Jawara Habiburrahman (2023) حروف العطف في كتاب تيسير الخلاق لحافظ حسن المسعودي - Huruf-huruf Athaf dalam Kitab Taisirul Khollaq karya Hafidz Hasan Al Mas’udi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jawara Habiburrahman Putra_A91218094 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja huruf athaf dan maknanya yang terkandung dalam kitab Taisirul Khollaq. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis sumber data terlebih dahulu lalu mengelompokkan dan mendeskripsikan huruf-huruf athaf beserta maknanya yang terdapat dalam kitab Taisirul Khollaq. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Peneliti menemukan 6 macam hurf athaf dalam kitab Taisirul Khollaq, yaitu : huruf “wawu”, huruf “fa”, huruf ”aw”, dan huruf ”tsumma”. Ditemukan 126 data huruf athaf dalam kitab taisirul khollaq, yaitu huruf ”wawu” sebanyak 103 data, huruf ”fa” sebanyak 11 data, huruf ”aw” sebanyak 11 data, dan huruf ”tsumma” sebanyak 1 data.Adapun makna-makna huruf athaf yang peneliti temukan dalam kitab Taisirul Khollaq adalah sebagai berikut : Huruf athaf “wawu” memiliki makna Mutlaqul Jam’i, huruf athaf “fa” memiliki makna Tartib Wa Ta’qib, huruf athaf “Aw” memiliki makna Al-Ibhaam dan At-tafshil, huruf athaf “Tsumma” memiliki makna Tartib wa tarokhii.Dengan demikian, di dalam kitab Taisirul Khollaq banyak sekali mengandung huruf athaf, terutama huruf “wawu”. Dan masing-masing huruf memiliki makna yang berbeda untuk menyambung kalimat-kalimat dalam kitab Taisirul Khollaq agar mudah dipahami bagi siapa saja yang mempelajarinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Jawara Habiburrahmanjawarahamantra25@gmail,comA91218094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathinmasyhud@uinsby.ac.id2014057602
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kitab Taisirul Khollaq; athaf; makna
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Jawara Habiburrahman Putra
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:53
Last Modified: 22 Aug 2023 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64427

Actions (login required)

View Item View Item