Perancangan Community Center berbasis bencana Semeru di Kabupaten Lumajang dengan pendekatan Community Based Design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukti, Mochammad Ryan (2023) Perancangan Community Center berbasis bencana Semeru di Kabupaten Lumajang dengan pendekatan Community Based Design. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Ryan Mukti_H93219046 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia terletak di daerah Ring of Fire atau cincin api yang menjadikan wilayah Negara Indonesia memiliki gunung berapi aktif terbanyak di dunia. Banyak daerah di Indonesia memiliki gunung berapi aktif yang dapat meletus sewaktu-waktu sehingga membuat masyarakat dan pemerintah Indonesia harus selalu waspada dengan bencana ini. Yang paling baru adalah meletusnya Gunung Semeru di Jawa Timur. Meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa ini tentu membawa kerugian dan kerusakan pada daerah sekitar Gunung Semeru. Salah satu tempatnya yaitu Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Merupakan salah satu daerah yang terkena langsung dampak dari erupsi Gunung Semeru. Mengakibatkan 1.077 jiwa mengungsi dan korban meninggal dunia sebanyak 51 jiwa. Masih minimnya fasilitas pengungsian yang layak dan akses yang sulit dijangkau membuat beberapa fasilitas pengungsian tidak terjamah bantuan dengan baik. Dengan adanya perancangan community center dengan pendekatan community based design dapat menghasilkan tempat yang memiliki fungsi berkelanjutan baik menjadi tempat wisata maupun menjadi tempat pengungsian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukti, Mochammad Ryanbijibaja7@gmail.comH93219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, RitaUNSPECIFIED198008032014032001
Thesis advisorPrianto, KusnulUNSPECIFIED197904022014031001
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pengungsian; wisata; community based design
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Mochammad Ryan Mukti
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:22
Last Modified: 23 Aug 2023 01:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64441

Actions (login required)

View Item View Item