Perancangan perpustakaan umum di kota Surabaya dengan pendekatan ekspresionisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firlanda, Yuanita (2023) Perancangan perpustakaan umum di kota Surabaya dengan pendekatan ekspresionisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuanita Firlanda_H73219033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perpustakaan memegang peranan penting sebagai media dan sarana penggerak penyebarluasan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Dengan adanya perpustakaan, Indonesia mampu meningkatkan kualitas SDM sehingga berdaya saing dan unggul. Berdasarkan hasil penelitian luar negeri pada tahun
2016 menyatakan bahwa kebiasaan membaca masyarakat di berbagai negara maju seperti Finlandia menduduki peringkat ke - 1, Norway peringkat ke - 2 dan Iceland peringkat ke - 3 dalam hal peningkatan minat baca, dibandingkan dengan Indonesia yang berada pada peringkat ke - 60 dari 61 negara. Sejalan dengan misi Pemerintah Kota Surabaya untuk menaikkan indeks nilai tingkat kegemaran membaca masyarakat di tahun 2026 sebesar 70,40% maka perlu untuk melakukan rencana pembangunan perpustakaan yang sesuai dengan standar nasional perpustakaan. Peningkatan minat baca dapat dicapai dengan mendesain sebuah perpustakaan yang dapat mengakomodasi kebutuhan dan kenyamanan penggunanya. Tujuan adalah untuk menghasilkan desain Perpustakaan Umum di Kota Surabaya dengan Pendekatan Ekspresionisme. Perancangan Perpustakaan Umum ini menggunakan pendekatan perancangan ekspresionisme. Konsep dari Perpustakaan Umum di Kota Surabaya ini adalah “Fun Experience in Education”. Hasil perancangan dalam penelitian ini terdapat beberapa rancangan seperti konsep bentuk bangunan pada perpustakaan menggunakan bentuk lingkaran, konsep bangunan yang menghadirkan suasana kebahagiaan baik di ruang luar maupun ruang dalam bangunan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firlanda, Yuanitayuanitafirlanda99@gmail.comH73219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHeryanti, Septiaseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Arsitektur
Perpustakaan
Keywords: Perancangan; perpustakaan umum; pendekatan ekspresionisme
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Yuanita Firlanda
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:53
Last Modified: 23 Aug 2023 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64445

Actions (login required)

View Item View Item