Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang berdasarkan kategori Newman ditinjau dari perbedaan gender

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad, Intan Mursyidah (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang berdasarkan kategori Newman ditinjau dari perbedaan gender. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Mursyidah Achmad_D04218004 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang berdasarkan kategori Newman ditinjau dari perbedaan gender, serta mendeskripsikan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bangun ruang berdasarkan kategori Newman ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Untuk mendeskripsikan bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal digunakan data sebanyak 21 siswa dengan menggunakan metode tes tulis dan melakukan wawancara kepada 1 subjek siswa laki-laki dan 1 subjek siswa perempuan yang melakukan kesalahan terbanyak. Tes tulis digunakan untuk mengetahui jenis kesalahan berdasarkan kategori Newman yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal bangun ruang dengan jawaban uraian. Sedangkan wawancara dilakukan untuk mengkonfirmasi faktor dan alasan kesalahan yang dialami siswa. Teknik analasis data melalui 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu berupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan Newman. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki melakukan kesalahan pada dua tahapan yakni kesalahan memahami dan kesalahan keterampilan proses sedangkan siswa perempuan melakukan kesalahan pada tiga tahapan, yakni kesalahan memahami soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebab siswa laki-laki melakukan kesalahan memahami yakni karena siswa laki-laki terbiasa tidak menuliskan informasi penting pada soal dan faktor penyebab siswa laki-laki melakukan kesalahan keterampilan proses yakni karena siswa laki-laki tidak dapat menentukan langkah atau prosedur untuk menyelesaikan masalah. Faktor penyebab siswa perempuan melakukan kesalahan memahami yakni siswa perempuan terbiasa tidak menuliskan informasi penting pada soal, faktor penyebab siswa perempuan melakukan kesalahan keterampilan proses yakni karena siswa perempuan tidak dapat menentukan langkah atau prosedur untuk menyelesaikan masalah, dan faktor penyebab siswa perempuan melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir yakni siswa perempuan kurang teliti melakukan operasi hitung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad, Intan Mursyidahintanmursyidah7@gmail.comD04218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Gender
Matematika
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Kategori Newman; Bangun Ruang; Gender
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Mursyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:27
Last Modified: 18 Aug 2023 09:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64450

Actions (login required)

View Item View Item