Pengembangan pembelajaran kooperatif berbasis autentik untuk melatih literasi finansial siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Maulida (2023) Pengembangan pembelajaran kooperatif berbasis autentik untuk melatih literasi finansial siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulida Firdausi_D04219006.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak seimbangan tingkat literasi finansial dengan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. di samping itu, pendidikan literasi finansial jarang ditemui di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pembelajaran kooperatif berbasis autentik untuk melatih literasi finansial siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang disesuaikan dengan pembelajaran kooperatif berbasis autentik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap penelitian pendahuluan (Preliminary reasearch), tahap pembuatan prototipe (Prototyping), dan tahap penilaian (Assessment). Penelitian ini dilakukan di MTs Al Multazam dan data yang dibutuhkan diperoleh melalui catatan lapangan, uji validasi, observasi, angket respons, dan tes literasi finansial. Data penelitian dianalisis sehingga memperoleh hasil berikut: kevalidan RPP sebesar 3,36 yang berarti valid; kevalidan LKPD sebesar 3,41 yang berarti valid; kevalidan tes literasi finansial sebesar 3,29 yang berarti valid. Persentase rata-rata dari masing-masing perangkat pembelajaran memperoleh nilai ‘B’ yang berarti dapat digunakan tanpa revisi dan praktis. Pembelajaran dikatakan efektif dilihat dari persentase aktivitas siswa yang aktif dalam pembelajaran lebih besar dari siswa yang pasif, keterlaksanaan sintaks pembelajaran sebesar 90,62% pada pertemuan pertama dan 92,12% pada pertemuan kedua; respons positif siswa terhadap pembelajaran sebesar 82,2%; hasil tes literasi finansial kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Dengan demikian, pengembangan pembelajaran kooperatif berbasis autentik dapat digunakan untuk melatih literasi finansial siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Maulidamaulidafirdausi06@gmail.comD04219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran kooperatif berbasis autentik; literasi finansial; aritmetika sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulida Firdausi
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:20
Last Modified: 01 Sep 2023 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64455

Actions (login required)

View Item View Item