Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk melatih kemampuan abstraksi Matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asanta, Alda Ladytsani (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk melatih kemampuan abstraksi Matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alda Ladytsani Asanta_D74216083 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan CRA untuk melatih kemampuan abstraksi matematis siswa kelas VIII di SMPN 26 Surabaya. Setiap fase pengembangan tersebut ditujukan untuk mengembangkan RPP dan LKPD matematika dengan pendekatan CRA yang valid dan praktis untuk melatih kemampuan abstraksi matematis siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan prosedur atau fase pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp yang meliputi fase penelitian pendahuluan (preminary research), fase pembuatan prototype (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik catatan lapangan dan teknik validasi ahli. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, di antaranya: 1) proses pengembangan perangkat pembelajaran meliputi fase penelitian pendahuluan yang menghasilkan informasi tentang terjadinya pembelajaran yang kurang efektif di SMPN 26 Surabaya, rendahnya kemampuan abstraksi matematis siswa, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 edisi revisi, dan materi yang dipilih yaitu luas permukaan kubus dan balok. Fase pembuatan prototype, peneliti telah membuat RPP, LKPD dan lembar validasi. Fase penilaian, peneliti telah melakukan validasi sekaligus merevisi setiap perangkat pembelajaran berdasarkan saran validator; 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” untuk melatih kemampuan abstraksi matematis siswa dengan rata-rata nilai kevalidan RPP sebesar 4,16 dan LKPD sebesar 4,22 yang masing-masing berada dalam kriteria “sangat valid”; 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” untuk melatih kemampuan abstraksi matematis siswa dengan rata-rata nilai kepraktisan RPP sebesar 83,67 dan LKPD sebesar 84,07 sehingga masing-masing perangkat pembelajaran tersebut berada dalam kriteria “B” atau dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asanta, Alda Ladytsaniladytsanial@gmail.comD74216083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.com2005067301
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Pembelajaran Matematika; pendekatan CRA; kemampuan abstraksi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alda Ladytsani Asanta
Date Deposited: 21 Aug 2023 12:46
Last Modified: 21 Aug 2023 12:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64460

Actions (login required)

View Item View Item