Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis praktikum terhadap ke trampilan proses sains peserta didik materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 19 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al-Khotim, Nur Laily Sa'adatus Abadiyah (2023) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis praktikum terhadap ke trampilan proses sains peserta didik materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laily Sa_adatus Abadiyah Al-Khotim_D7A219014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VIII di SMPN 19 Surabaya. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan merupakan model pembelajaran konvensional yang masih bersifat teacher centered khususnya pada materi Sistem Ekskresi sehingga menjadi salah satu rendahnya keterampilan proses sains peserta didik. Waktu pembelajaran yang terbatas serta pemanfaatan Laboratorium yang kurang optimal menyebabkan keterampilan proses sains peserta didik kurang berkembang. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis praktikum yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains materi Sistem Ekskresi kelas VIII di SMPN 19 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan desain non-equivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 19 Surabaya Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian merupakan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, perhitungan N-Gain, dan analisis lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan dengan kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi yaitu sebesar 79,42 daripada kelas kontrol yang hanya memperoleh rata-rata sebesar 53,64. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < nilai alpha yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan terdapat peningkatan nilai keterampilan proses sains pada kelas eksperimen yang dibuktikan dengan skor N-Gain sebesar 0,6161 dengan kategori sedang. Analisis pada lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik memperoleh kriteria sangat baik dengan nilai persentase > 60%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Group Investigation efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 19 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al-Khotim, Nur Laily Sa'adatus Abadiyahabadiyahalkhotim@gmail.comD7A219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunitaainunjariyah@gmail.com0705128601
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran; group investigation (GI); praktikum; ke trampilan; sistem ekskresi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Nur Laily Sa'adatus Abadiyah Al-Khotim
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:27
Last Modified: 23 Aug 2023 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64472

Actions (login required)

View Item View Item