Pemberdayaan masyarakat dalam kepedulian lingkungan dan peningkatan ekonomi melalui program Bank Sampah di RT.06/RW.02 Desa Ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septyan, Nugroho (2023) Pemberdayaan masyarakat dalam kepedulian lingkungan dan peningkatan ekonomi melalui program Bank Sampah di RT.06/RW.02 Desa Ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septyan Nugroho_B92216088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pendampingan yang dilakukan di RT.06/RW.02 Desa Ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo dalam bentuk skripsi yang membahas tentang pemberdayaan masyarakat dalam kepedulian lingkungan dan peningkatan ekonomi rumah tangga dan di wilayah tersebut. Dalam proses ini, penelitian akan dilakukan sebagai upaya untuk menggali informasi dan gerakan yang akan dilakukan dimasyarakat. Tentang bagaimana membangun kesadaran akan pentingnya peduli kepada lingkungan yang dalam hal ini adalah sampah, kemudian bagaimana nantinya dari sampah tersebut bisa menghasilkan suatu nilai yang dapat memberikan peningkatan ekonomi keluarga. Selain itu, strategi yang akan digunakan dalam melakukan pemberdayaan juga tak kalah penting. Mulai dari pendekatan secara personal untuk menggambil hati masyarakat, bersosialisasi dengan berbagai elemen yang ada didalamnya untuk melakukan edukasi terkait pentingnya mengelola sampah hingga bisa menjadi bernilai ekonomis. Selanjutnya, target yang diharapkan menjadi goal dalam pemberdayaan ini adalah masyarakat sudah mulai tumbuh kesadaran akan pentingnya mengelola sampah sendiri supaya tidak mencemari lingkungan dan banyak sampah yang berakhir di TPA. Selain itu adanya upaya dalam peningkatan ekonomi akan menjadi daya Tarik dan semangat masyarakat dalam merubah kehidupannya sendiri. Melalui program Bank Sampah inilah nantinya masyarakat dapat diberikan wadah sebagai tempat pengelolaan sampahnya. Proses pendampingan dan pemberdayaan masyarakat ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yaitu pendekatan dengan menggunakan aset sebagai pemanfaatan dan masyarakat sebagai subjeknya dengan peran partisipatif. Melalui pendekatan berbasis aset tersebut, nantinya masyarakat akan menemukan potensi yang ada di lingkungannya. Mempunyai mimpi dan harapan akan sebuah perubahan, memanfaatkan dan mengelola aset yang sudah ditemukan, dan melakukan aksi sebagai bentuk perubahan dalam penguatan ekonomi mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septyan, Nugrohoseptyannugroho10@gmail.comB92216088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPudji, Rahmawatirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; lingkungan; peningkatan ekonomi; program Bank Sampah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Septyan Nugroho
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:32
Last Modified: 23 Aug 2023 05:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64474

Actions (login required)

View Item View Item