Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Nur Ni'matul (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Ni'matul Khoiriyah_D04219010 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa, dimana siswa diberi peluang untuk bekerjasama dalam kelompok untuk menciptakan atau melakukan sebuah proyek. Dengan pendekatan CTL mampu membantu guru mengaitkan antara materi yang sedang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari agar lebih bermakna. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran model PjBL dengan pendekatan CTL yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran matematika model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan, dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan berupa modul ajar dan Lembar Kerja Proyek (LKP). Hasil produk diuji cobakan pada siswa kelas VII UPT SMPN 2 Gresik sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, teknik observasi, dan teknik tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kevalidan perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan memperoleh nilai rata- rata total kevalidan sebesar 4,46, (2) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis secara teori setelah mendapatkan nilai A dari dua validator dan nilai B dari dua validator, (3) dinyatakan praktis secara praktis melalui hasil observasi oleh guru dengan persentase sebesar 88% dalam kriteria sangat baik, (4) keefektifan perangkat pembelajaran mendapatkan (a) persentase hasil respon siswa sebesar 97,3% dengan kriteria sangat baik dan (b) persentase hasil tes ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 86,67% sehingga dapat dinyatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Nur Ni'matulriandingan@gmail.comD04219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Model Project Based Learning; pendekatan Contextual Teaching and Learning; kemampuan berpikir kreatif siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Ni'matul Khoiriyah
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:39
Last Modified: 22 Aug 2023 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64479

Actions (login required)

View Item View Item