Pengembangan pembelajaran Matematika realistik dengan bantuan Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan kreativitas siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Himmah, Wihda Istibsyarotul (2023) Pengembangan pembelajaran Matematika realistik dengan bantuan Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan kreativitas siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wihda Istibsyarotul Himmah_D04219015 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kreativitas siswa merupakan aspek penting yang harus ada pada diri siswa dalam pembelajaran matematika. Adanya kreativitas yang tinggi membuat siswa lebih mudah dalam menyelesaikan soal matematika. Pada penelitian ini dikembangkan RPP, LKPD, dan media pembelajaran berbantuan Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangann (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas VIII SMPN 2 Deket. Data penelitian diperoleh menggunakan catatan lapangan, lembar validasi, lembar angket, dan tes kreativitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis proses pengembangan, analisis kevalidan perangkat pembelajaran, dan analisis kepraktisan perangkat pembelajaran, analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada tahap analysis diperoleh informasi bahwa siswa SMPN 2 Deket mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam bentuk soal cerita. Pada tahap design diperoleh draf 1 perangkat pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran matematika realistik. Pada tahap development diperoleh draf II perangkat pembelajaran. Pada tahap implementation diperoleh data hasil respon siswa dan tes kreativitas siswa. Pada tahap evaluation diperoleh analisis data hasil penelitian. Selanjutnya perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan perolehan rata – rata total sebesar 4,19 untuk RPP, 4,16 untuk LKPD, dan 4,17 untuk media pembelajaran berbantuan Macromedia Flash 8. Kemudian perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga dikatakan praktis karena validator menyatakan bahwa perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi dan dapat digunakan tanpa revisi. Media pembelajaran yang dikembangkan juga dikatakan efektif dengan nilai rata – rata hasil respon siswa sebesar 75,6% dan memperoleh nilai N-gain sebesar 0,428.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Himmah, Wihda Istibsyarotulwihdaistibsyarotul08@gmail.comD04219015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Keywords: Matematika Rralistik; meningkatkan kreativitas; Macromedia Flash 8
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Himmah Wihda Istibsyarotul
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:04
Last Modified: 22 Aug 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64482

Actions (login required)

View Item View Item