Studi komparasi kriteria visibilitas hilal odeh dan kastner

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nabila Aliansyah (2023) Studi komparasi kriteria visibilitas hilal odeh dan kastner. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Aliansyah Putri_C96219060 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penetapan awal bulan kamariah terdapat dua paham yang berbeda di kalangan ulama. Ada yang memiliki paham bahwa penetapan awal bulan dilakukan dengan cara rukyat dan ada pula yang memiliki paham dengan cara hisab. Sistem hisab dengan menggunakan kriteria visibilitas merupakan sistem yang banyak diikuti dan digunakan. Kriteria visibilitas yang berkembang sangat beragam, bahkan saat ini dalam penggunaannya berbantuan dengan alat optik seperti kriteria Odeh dan Kastner. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam rumusan masalah: Bagaimanakah kriteria visibilitas hilāl Odeh dan Kastner?, serta Bagaimanakah komparasi kriteria visibilitas hilāl Odeh dan Kastner? Penelitian ini dihimpun dengan metode penelitian hukum normatif menggunakan pendekatan komparatif (comparative approach). Penelitian berupa telaah data dan dokumentasi hasil perhitungan awal bulan kamariah dari tahun 1443 – 1444 H. Kemudian teknik analisis data menggunakan deskriptif deduktif yang dilakukan adalah dengan mengomparasikan hasil perhitungan visibilitas Odeh dan Kastner dengan menggunakan data perhitungan dari tahun 1443 – 1444 H. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kriteria visibilitas Odeh ini pada dasarnya berbasis data pengamatan dan menggunakan geometri elongasi. Dimana hilāl Odeh ini bisa dilihat baik dengan mata telanjang maupun dengan bantuan alat optik teleskop. Sedangkan kriteria Kastner hanya beracuan pada mata telanjang dimana kriteria ini menggunakan koreksi magnitude, kecerlangan Bulan dan kecerlangan latar langit belakang dari langit senja. Namun kriteria Kastner ini sudah dimodifikasi agar bisa digunakan dengan berbantuan teleskop. Penggunaan kedua kriteria tersebut yang lebih cocok digunakan di Indonesia adalah kriteria Kastner. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan adanya pemahaman lebih lanjut mengenai kriteria visibilitas Odeh dan penggunaannya di Indonesia serta adanya penelitian lanjutan untuk membandingkan kriteria Odeh dan Kastner ini terkait komparasi kedua kriteria ini terhadap visibilitas hilāl menggunakan data hasil rukyat dengan olah citra.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nabila Aliansyahnabilaaliansyahputri@gmail.comC96219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Astronomi
Hisab dan Rukyah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hilal odeh; kastner
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Nabila Aliansyah Putri
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:13
Last Modified: 22 Aug 2023 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64491

Actions (login required)

View Item View Item