Penerapan model Blended Learning tipe Flipped Classroom berbantuan SEVIMA EDLINK untuk menumbuhkan motivasi dan kemandirian belajar Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafitri, Stefhany Rahmi (2023) Penerapan model Blended Learning tipe Flipped Classroom berbantuan SEVIMA EDLINK untuk menumbuhkan motivasi dan kemandirian belajar Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Stefhany Rahmi Syafitri_D94218067 ok.pdf

Download (12MB)

Abstract

Motivasi dan kemandirian belajar merupakan unsur penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya, motivasi dan kemandirian belajar matematika siswa masih rendah. Model blended learning tipe flipped classroom merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks, aktivitas siswa, dan respon siswa, serta untuk menumbuhkan motivasi dan kemandirian belajar siswa setelah penerapan model blended learning tipe flipped classroom berbantuan Sevima Edlink pada pembelajaran Matematika. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian One Shot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah gabungan siswa kelas X TITL dan X TKR-2 SMK Muhammadiyah 2 Taman yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan sintaks, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, angket motivasi belajar, dan angket kemandirian belajar siswa setelah penerapan model blended learning tipe flipped classroom berbantuan Sevima Edlink pada pembelajaran Matematika. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) keterlaksanaan sintaks selama penerapan model blended learning tipe flipped classroom berbantuan Sevima Edlink memperoleh persentase terlaksana sebesar 95,45% dan termasuk dalam kategori sangat baik, 2) aktivitas siswa pada penerapan model blended learning tipe flipped classroom berbantuan Sevima Edlink memperoleh rata-rata keseluruhan nilai aktivitas siswa sebesar 74,17 dan termasuk dalam kategori cukup aktif. 3) respon siswa terhadap penerapan model blended learning tipe flipped classroom berbantuan Sevima Edlink memperoleh respon positif dengan persentase sebesar 82%, 4) motivasi belajar matematika siswa setelah penerapan model blended learning tipe flipped classroom berbantuan Sevima Edlink secara keseluruhan memperoleh persentase skor sebesar 68,59% dan termasuk dalam kategori tinggi, 5) kemandirian belajar matematika siswa setelah penerapan model blended learning tipe flipped classroom berbantuan Sevima Edlink secara keseluruhan memperoleh persentase skor sebesar 71% dan termasuk dalam kategori cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafitri, Stefhany Rahmistefhanyrahmi@gmail.comD94218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Model Blended Learning tipe Flipped Classroom; Sevima Edlink; motivasi belajar siswa; kemandirian belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Stefhany Rahmi Syafitri
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:03
Last Modified: 22 Aug 2023 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64492

Actions (login required)

View Item View Item