Peran K.H. Khozin Mansur dalam mengembangkan Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo (1987 sampai 2009)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Rizka Fardianti (2023) Peran K.H. Khozin Mansur dalam mengembangkan Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo (1987 sampai 2009). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Fardianti Dewi_A92219110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana biografi K.H. Khozin Mansur? (2) Bagaimana profil Pondok Pesantren Manba’ul Hikam? (3) Bagaimana peran K.H. Khozin Mansur dalam mengembangkan Pondok Pesantren Manba’ul Hikam? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pendekatan historis dan sosiologis, metode pendekatan historis merupakan langkah dalam merekonstruksi kembali masa lampau secara berurutan dengan cara mengumpulkan, menganalisis secara kritis, serta menafsirkan data sesuai dengan sumber-sumber yang ada, sedangkan dalam pendekatan sosiologis, peneliti menggunakan teori peran oleh Soerjono Soekanto bahwa peran adalah aspek yang terus menerus berubah dari adanya status. Kesimpulan dari skripsi ini menyatakan bahwa pertama, K.H. Khozin Mansur merupakan pendiri Pondok Pesantren Manba’ul Hikam; kedua, lembaga ini berdiri pada tahun 1987, setelah beliau lepas dari lembaga pertama, tepatnya berlokasi di Desa Putat; ketiga, selain memiliki kuasa besar atas pesantren, beliau juga mengembangkan pesantren dengan cara, berkontribusi dalam pendirian hampir seluruh unit pendidikan yayasan, mengatur kurikulum pondok pesantren dan madrasah, turut mengajarkan berbagai jenis pendidikan, seperti agama, umum dan moral kepada para santri serta selalu memberi dukungan spiritual bagi keberlangsungan arus kehidupan di pondok pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Rizka Fardiantirizkafardiantidewia92219110@gmail.comA92219110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Islam dan Humanisme
Pendidikan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Peran kh khozin mansur; pondok pesantren manba'ul hikam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rizka Fardianti Dewi
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:47
Last Modified: 18 Sep 2023 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64501

Actions (login required)

View Item View Item