Fenomena Healing bagi pengunjung Campground Alas Veenuz Trawas: tinjauan teori tindakan sosial Max Weber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyaffa, Naufal Ghani (2023) Fenomena Healing bagi pengunjung Campground Alas Veenuz Trawas: tinjauan teori tindakan sosial Max Weber. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naufal Ghani Musyaffa_I93219095 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah fenomena healing bagi para pengunjung Campground Alas Veenuz Trawas dengan tinjauan teori tindakan sosial Max Weber. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran healing serta motif-motif pelaku melakukan healing di Campground Alas Veenuz Trawas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive sampling yang mana merupakan Para Pengunjung Campground Alas Veenuz Trawas. Data yang dihasilkan berasal dari proses observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Untuk mengecek kabsahan data digunakan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat empat motif terjadinya fenomena healing. (1) Menghilangkan stres, (2) Tren healing di internet, (3) Faktor Afektif, (4) Memiliki minat terhadap wisata alam. Tindakan healing yang dilakukan rata-rata terjadi karena pelaku ingin menghilangkan stres yang mereka alami, sehingga mereka mencari metode dan lokasi yang paling tepat melalui media sosial. Selain itu pengalaman dari seseorang yang diceritakan kepada informan juga merupakan faktor yang ditemukan pada penelitian kali ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyaffa, Naufal Ghanighani607606@gmail.comI93219095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, AmalUNSPECIFIED197008021997021001
Subjects: Kebudayaan
Sosiologi
Konsumen
Keywords: Fenomena; healing; pengunjung Alas Veenuz Trawas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Naufal Ghani Musyaffa
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:01
Last Modified: 06 Sep 2023 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64507

Actions (login required)

View Item View Item