Disintegrasi partai politik era reformasi (studi kasus Partai Keadilan Sejahtera, Gelora di kabupaten Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadli, Bahruddin (2023) Disintegrasi partai politik era reformasi (studi kasus Partai Keadilan Sejahtera, Gelora di kabupaten Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bahruddin Fadli_I71219040.pdf

Download (2MB)

Abstract

PKS yang dikenal sebagai partai dengan kader yang solid pada akhirnya terpecah dan terbentuk partai politik baru bernama partai Gelora yang kemudian melebarkan sayapnya hingga ke tingkat daerah salah satunya Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana faksionalisasi yang terjadi di PKS Sidoarjo periode 2014 hingga 2019, bagaimana reaksi eks kader PKS Sidoarjo dalam melihat faksionalisasi di PKS, bagaimana terbentuknya partai Gelora Sidoarjo sebagai reaksi atas faksionalisasi di PKS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua teori sebagai pisau analisis. Yang pertama adalah teori faksionalisasi yang dikemukakan Belloni dan Beller, dan teori yang kedua menggunakan teori tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Dari hasil penelitian ini ditemukan pertama faktor penyebab perpecahan PKS di Kabupaten Sidoarjo disebabkan karena pengaruh daripada elite partai yang pernah memiliki posisi penting dalam PKS yakni Anis Matta dan Fahri Hamzah. Kedua, reaksi dari kader PKS Sidoarjo dalam melihat perpecahan di PKS diwujudkan dalam bentuk tindakan-tindakan. Reaksi atau tindakan dari kader PKS Sidoarjo yang loyal dengan Anis Matta diwujudkan dalam bentuk keluar dari PKS Sidoarjo hal tersebut diperkuat dengan adanya pelabelan murtad oleh kader PKS Sidoarjo yang masih bertahan. Ketiga, terbentuknya Partai Gelora Sidoarjo tidak lepas dari peran penting Muhammad Siroj yang aktif melakukan turba ke setiap daerah yang berada di wilayah Jawa Timur untuk memastikan daerah mana yang siap untuk didirikan Partai Gelora.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadli, Bahruddinbahruddinfadli10@gmail.comI71219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037803
Subjects: Politik
Keywords: Disintegrasi; partai politik; pks; gelora
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Bahruddin Fadli
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:41
Last Modified: 09 Oct 2023 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64515

Actions (login required)

View Item View Item