Profil kemampuan komunikasi Matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kepribadian Ekstrover dan Introver

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hani, Cici Nurlia (2023) Profil kemampuan komunikasi Matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kepribadian Ekstrover dan Introver. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cici Nurlia Hani_D74219018 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap individu cenderung memiliki jenis kepribadian ekstrover atau introver. Kedua jenis kepribadian tersebut berkaitan erat dengan pola komunikasi matematis yang dimiliki oleh individu. Komunikasi matematis terdiri dari kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan. Sementara itu, komunikasi matematis berperan penting sebagai kemampuan dasar dalam pembelajaran matematika, sehingga perlu perhatian khusus. Adanya keterkaitan antara pola komunikasi matematis dengan jenis kepribadian individu menjadi dasar dari penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ekstrover dan introver kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan teori Polya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di UPT SMPN 3 Gresik. Subjek yang digunakan adalah 2 siswa kelas VII yang terdiri dari 1 siswa yang sangat berkepribadian ekstrover dan 1 siswa yang sangat berkepribadian introver. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes kemampuan komunikasi matematis dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini memperoleh simpulan yaitu: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII A UPT SMPN 3 Gresik yang memiliki kepribadian ekstrover dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun datar mempunyai kemampuan komunikasi matematis dalam kategori sedang dengan persentase skor sebanyak 68.75%. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII A UPT SMPN 3 Gresik yang memiliki kepribadian introver dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun datar mempunyai kemampuan komunikasi matematis dalam kategori sangat rendah dengan persentase skor sebanyak 40,625%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hani, Cici Nurliacicinurliahani16@gmail.comD74219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Keywords: Komunikasi Matematis; soal cerita; ekstrover; introver
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cici CNH Hamid
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:36
Last Modified: 23 Aug 2023 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64519

Actions (login required)

View Item View Item