Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengolahan Abon Pepaya di Dusun Samben Desa Jegreg Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afinda, Putri Aprilia (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengolahan Abon Pepaya di Dusun Samben Desa Jegreg Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Aprilia Afinda_B92219121 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan potensi yang dimiliki yang sebelumnya tidak dapat menemukan aset dan potensi yang mereka miliki. Setelah masyarakat menemukenali aset, masyarakat dapat memanfaatkan aset tersebut dengan ide-ide kreatif, sehingga dari aset tersebut dapat menghasilakan suatu manfaat terutama dibidang perekonomian. Pemberdayaandilakukan oleh peneliti bersama ibu-ibu pemilik pohon pepaya yang ada di Dusun Samben Desa Jegreg. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu ABCD (Asset Bassed Community Development). Dalam proses pemberdayaan menggunakan beberapa tahapan yaitu berupa inkulturasi, discovery, dream, design, define. Destiny. Hasil dari kegiatan ini yaitu sadarnya Masyarakat akan potensi yang dimiliki, perubahan cara berpikir masyarakat yang dikembangkan melalui inovasi produk, masyarakat mulai merintis usaha home industry abon pepaya yang tujuannya untuk menambah pendapatan masyarakat, untuk menjaga keberlanjutan program masyarakat telah membentuk kelompok perempuan yang memproduksi abon pepaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afinda, Putri Apriliaputriapriliafinda@gmail.comB92219121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Mansyur--2017035901
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; Kewirausahaan; Ekonomi; Aset Dan Potensi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Putri Aprilia Afinda
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:35
Last Modified: 30 Aug 2023 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64520

Actions (login required)

View Item View Item