Pengorganisasian Ibu-ibu PKK dalam upaya peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan daun kelor di Dusun Bolo 1, Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effasa, Achmad Praja Mas'ud (2023) Pengorganisasian Ibu-ibu PKK dalam upaya peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan daun kelor di Dusun Bolo 1, Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Praja Mas'ud_B02219001 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada 3 hal, yaitu yang pertama strategi pengorganisasian kelompok Ibu-ibu PKK dalam peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan daun kelor, yang ke dua fokus pada hasil pengorganisasian kelompok ibu-ibu PKK dalam peningkatan ekonomi melaui pemanfaatan daun kelor, dan terakhir pemaknaan konteks dakwah dalam pengembangan masyarakat dalam peningkatan ekonomi melalui pemanfatan daun kelor. Penelitian ini menggunakan metode ABCD, metode yang digunakan dalam pendampingan ini dan memang bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan aset yang dimilikinya. Strategi-strategi yang digunakan dalam ABCD, seperti discovery (menemukan), dream (mimpi), design (merancang), define (menentukan), dan destiny (memastikan), bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, dan memanfaatkan aset yang ada pada masyarakat. Dengan demikian, ABCD dapat menjadi alat yang efektif untuk mencapai perubahan sosial yang diinginkan. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi yang digunakan adalah melalui pengorganisasian lembaga kelompok PKK melalui visi dan misi yang telah terbentuk, penguatan lembaga melalui peraturan organisasi yang telah dibentuk bersama, edukasi di bidang pengelolaan daun kelor melalui penjualan produksi dan distribusi secara offline dan online, upaya pembuatan draft usulan kebijakan kepada pemerintah desa melalui advokasi kebijakan. Hasil pengorganisasian Ibu-ibu PKK dalam peningkatan ekonomi adalah meningkatnya kesadaran bersama, kolektif, dan rasa kebersamaan. Hasil pengelolaan daun kelor menjadi teh daun kelor oleh kelompok PKK menjadi nilai tambah dalam meningkatkan inovasi, life skill dan kreatifitas. Terjadinya inovasi dalam pemanfaatan daun kelor menjadi olahan yang bernilai jual dan mendapatkan income pada kelompok PKK. Dalam konteks dakwah pengembangan masyarakat adalah harapan masyarakat juga diajak untuk berbuat baik dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk dakwah bil hal, yaitu dakwah melalui tindakan nyata. Ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas kelompok masyarakat dalam hal produktivitas kerja dan kegemaran berwirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effasa, Achmad Praja Mas'udprajamasud27@gmail.comB02219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keterampilan
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; PKK (Pemberdayaan Kesejahteran Keluarga); daun kelor; ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: achmad praja mas'ud
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:26
Last Modified: 23 Aug 2023 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64524

Actions (login required)

View Item View Item