Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Jamiyatul Quran Rungkut Surabaya 1990-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shahid, Abdulloh (2023) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Jamiyatul Quran Rungkut Surabaya 1990-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdulloh Shahid_ A72219044 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana peran Nyai Ulaiyah dalam sejarah pondok pesantren Jam’iyatul Qur’an. (2) Bagaimana perkembangan pondok pesantren Jam’iyatul Qur’an (3) Bagaimana Pandangan masyarakat terhadap pondok pesantren Jam’iyatul Qur’an. Berdasarkan tiga rumusan permasalahan tersebut selanjutnya peneliti cermati dengan menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologis. Pendekatan historis digunakan untuk menjelaskan sejarah pondok pesantren Jam’iyatul Qur’an beserta perkembangannya. Sedangkan pendekatan sosiologis digunakan untuk menjelaskan hubungan pondok pesantren dengan masyarakat sekitar. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan sejarah Ibnu Khaldun dan teori oleh Arnold J. Toynbee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah melalui empat tahap, yakni heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi (penulisan). Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: (1). Ponpes Jam’iyatul Qur’an dirintis pada tahun 1990 dalam bentuk majelis ta’lim didirikan oleh Nyai Ulaiyah, kemudian dalam 2 tahun berkembang menjadi sebuah TPQ yang bertempat di rumah orang tua Nyai Ulaiyah. (2). Perkembangan Ponpes Jam’iyatul Qur’an dimulai pada tahun 2002 ketika ada tetangga Nyai Ulaiyah mewaqafkan sebidang tanah untuk dibuat mengaji dan musholla. (3) Pandangan masyarakat sekitar terhadap Ponpes Jam’iyatul Qur’an kebanyakan positif karena pengaruh dan dampak yang diberikan pesantren ke masyarakat menuju hal yang lebih baik cukup signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shahid, Abdullohabdullohshahid@Gmail.comA72219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Dakwah > Dakwah - Metode
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Ponpes Jamiyatul Quran; Nyai Ulaiyah; Surabaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Abdulloh Shahid
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:38
Last Modified: 23 Aug 2023 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64532

Actions (login required)

View Item View Item