Tinjauan kriminologi dan hukum pidana Islam terhadap pungutan liar oknum juru parkir di kawasan objek retribusi parkir berlangganan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukminin, Amirul (2023) Tinjauan kriminologi dan hukum pidana Islam terhadap pungutan liar oknum juru parkir di kawasan objek retribusi parkir berlangganan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Amirul Mukminin_C93218064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian empiris yang berjudul “Tinjauan kriminologi dan Hukum Pidana Islam Terhadap Pungutan Liar Oknum Juru Parkir di Kawasan Objek Retribusi Parkir Berlangganan.” yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktek pungutan liar yang dilakukan oknum juru parkir di kawasan objek retribusi parkir berlangganan serta bagaimana tinjauan kriminologi dan hukum pidana islam terhadap praktek pungutan liar oleh oknum juru parkir dikawasan objek retribusi parkir berlangganan. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik penelitian lapangan (field research) dengan analisis secara kualitatif yang bersumber dari observasi, wawancara, dan studi literatur kemudian diolah dengan metode deskriptif analisis dan selanjutnya dianalisis secara deduktif sehingga menjadi data yang konkret. Hasil penelitian ini pertama, menunjukan bahwa bahwa ditinjau dari perpektif kriminologi para pelaku oknum juru parkir yang melakukan pungutan liar disebabkan karena faktor ekonomi yang menjadi faktor utama, rendahnya pendidikan, rendahnya kesadaran hukum, lingkungan dan pengawasan yang faktor penunjang penyebab terjadinya pungutan liar. Teori kriminologi yang berkaitan dan relevan dengan tindakan diatas ialah teori control social, social learning, dan anomi sehingga dapat menjadi salah satu upaya preventiv apabila ditegakkan. Kedua, Apabila ditinjau dari hukum pidana islam perbuaatn tersebut telah memenuhi asas hukum pidana islam yang disebut sebagai tindakan al-maksu dengan klasifikasi ghulul, khianah, dan al-ghasiy yang di hukum dengan hukuman ta’zir sesuai dengan besar kecilnya dampak perbuatan pidana yang telah dilakukan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka pihak terkait dapat lebih tanggap dan dapat memberikan tindakan lebih tegas terhadap oknum juru parkir yang melakukan pungutan liar, bila perlu diberikan sanksi pidana atau administrasi sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, lebih selektif dalam alur perekrutan juru parkir dan meningkatkan kualitas pendidikan, serta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sampang lebih sadar terhadap hukum dan berhak melapor apabila telah terjadi pungutan liar oleh juru parkir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukminin, Amirul--C93218064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbaidillah, Hasanubaidillah.mhasan@uinsaby.ac.id2005117901
Subjects: Hukum
Lalu Lintas
Keywords: Pungutan liar; hukuman ta’zir
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Amirul Mukminin
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:59
Last Modified: 24 Aug 2023 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64540

Actions (login required)

View Item View Item