Pengaruh usability, social influence, compatibility, security, dan credibility terhadap niat penggunaan aplikasi bibit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bakriah, Sulalatul (2023) Pengaruh usability, social influence, compatibility, security, dan credibility terhadap niat penggunaan aplikasi bibit. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulalatul Bakriah_H76218043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Investasi reksa dana menjadi hal yang menarik dari berbagai kalangan yang mulai melek investasi. Perkembangan teknologi yang pesat juga mempengaruhi munculnya platform-platform investasi reksadana secara online. Salah satu aplikasi yang paling popular dengan kurang lebih 5 juta unduhan di Playstore adalah aplikasi Bibit. Perkembangan teknologi mengenai investasi reksa dana online, maka penting untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan yaitu niat untuk terus menggunakan aplikasi Bibit. Penelitian ini menggunakan model Usability yaitu dengan faktor-faktor di dalamnya adalah Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Learnability, dan Satisfaction. Lalu faktor lainnya yang digunakan dalam model adalah social influence, compatibility, security, dan credibility. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebar kuesioner dengan 214 responden yang menggunakan aplikasi Bibit. Pengolahan data diproses menggunakan apliaksi SmartPLS. Hasilnya menunjukkan variabel Satisfaction, Compatibility dan Social Influence berpengaruh terhadap niat untuk terus menggunakan aplikasi Bibit. Sedangkan Perceived Usefulness tidak secara langsung berpengaruh terhadap niat untuk terus menggunakan aplikasi Bibit, namun berpengaruh terhadap Satisfaction dan Perceived Usefulness. Begitu pula dengan variabel Perceived Ease of Use yang langsung berpengaruh positif secara signifikan terhadap Satisfaction. Faktor yang berpengaruh tidak signifikan terhadap niat untuk terus menggunakan aplikasi Bibit adalah Perceived Learnability, Perceived Security, dan Perceived Credibility

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bakriah, Sulalatulh76218043.uinsby.ac.idH76218043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Manajemen
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Usability; investasi reksa dana; aplikasi bibit; PLS-SEM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sulalatul Bakriah
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:43
Last Modified: 24 Aug 2023 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64542

Actions (login required)

View Item View Item