العناصر الداخلية في مسرحية“ مجنون ليلى” لمارون عبود” (maroon aboud)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

fitriansyah, anggela dwi (2023) العناصر الداخلية في مسرحية“ مجنون ليلى” لمارون عبود” (maroon aboud). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggela Dwi Fitriansyah_A91219076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebuah karya sastra tidaklah lepas dari unsur unsur yang membangun karya satra tesebut. Salah satu unsur yang membangun karya sastra tersebut yaitu unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah salah satu unsur yang berperan penting yang membangun sebuah karya sastra itu sendiri. Pembahasan dalam penelitian ini adalah seputar unsur intrinsik, peneliti menggunakan teori Nugroho yang terdiri dari tokoh penokohan, tema, alur, gaya bahasa, setting dan amanat. Objek kajian pada penelitian ini adalah drama majnun Layla. Drama ini sendiri menceritakan dua insan manusia yang memiliki ketulusan cinta yang telah membuat mereka menjadi pecinta sejati, yang tak terbatas pada cinta kepada sang kekasih, inilah kisah pencarian terhadap kesejatian cinta. Untuk memenuhi jawaban dari permasalahan diatas, peneliti menggunakan teori metode deskriptif kualitatif, sumber data peneliti adalah naskah drama majnun Layla. Dan ditambah lainnya yaitu unsur sastra, unsur intrinsik. Hasil dalam penelitian ini terdapat beberapa data yang meliputii 1 tema pencarian terhadap kesejatian cinta, 16 tokoh penokohan terdiri dari 2 tokoh utama qays dan Layla, 14 tokoh tambahan terdiri dari penggembala, syaada, mahdi, Zainab, syaid, alaqomah, jawan, bakr dan kholid, asad, ro’ah rasul, jariyah, syiab. 1 alur yaitu alur maju. 4setting tempat di lembah, di gunung, di tempat tidur di lapangan dan di pemkaman. dan 2 setting waktu yakni pagi dan malam dan terdapat amanat si penulis yakni cinta memang perlu diperjuangkan walaupun penuh rintangan/tantangan dalam memperjuangkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
fitriansyah, anggela dwiangeladwi2106@gmail.comA91219076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmadahmad syaikhu @gmail.com2008066801
Subjects: Fiksi
Masalah sosial
Dongeng
Keywords: Unsur intrinsik; Majnun Layla; Maroun Aboud
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: العناصر ال Anggela/aggl Dwi
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:06
Last Modified: 24 Aug 2023 06:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64543

Actions (login required)

View Item View Item