Pemberdayaan ekonomi kelompok ibu-ibu PKK melalui inovasi pangan berupa olahan nugget pisang di Dukuh Mulyomukti Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Mas Ning Sonia Alesia (2023) Pemberdayaan ekonomi kelompok ibu-ibu PKK melalui inovasi pangan berupa olahan nugget pisang di Dukuh Mulyomukti Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Ning Sonia Alesia Nabila_B92219104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dukuh Mulyomukti yang digunakan peneliti sebagai tempat penelitian merupakan dusun yang penduduknya memiliki banyak aset dan potensi. Proses pemberdayaan ini melibatkan pengolahan pisang menjadi nugget pisang. Untuk mencapai perubahan yang diinginkan diperlukan strategi dimulai dengan berdiskusi bersama masyarakat dan melakukan praktik pelatihan pengolahaan buah pisang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang difokuskan untuk menemukan aset dan potensi desa. Pemberdayaan menggunakan metode pendekatan ABCD terdiri dari lima tahapan yang disebut 5-D dalam Appreciative Inquiry antara lain Discovery, Dream, Design, Define serta Destiny. Melalui tahapan tersebut masyarakat bisa sadar serta mengetahui aset dan potensi yang dimiliki seperti pohon pisang. Melalui pendampingan ini, menyadarkan masyarakat akan keinginan untuk memanfaatkan sumber daya alam khususnya pisang yang dapat dijadikan produk olahan nugget pisang serta dapat memiliki nilai jual, selain itu juga meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Mas Ning Sonia Alesiamasnngsonia@gmail.comB92219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Masyarakat
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; ibu-ibu PKK; inovasi pangan; olahan nugget pisang
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mas Ning Sonia Alesia Nabila
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:13
Last Modified: 15 Nov 2023 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64549

Actions (login required)

View Item View Item