Pembaharuan tradisi sedekah bumi di Dusun Salen Desa Tegalsari Widang Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhon, M. Alfani Syahru (2023) Pembaharuan tradisi sedekah bumi di Dusun Salen Desa Tegalsari Widang Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Alfani Syahru Romadhon_A02219024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana proses terjadinya pembaharuan tradisi sedekah bumi di Dusun Salen Desa Tegalsari Widang Tuban? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi proses terjadinya pembaharuan tradisi sedekah bumi di Dusun Salen Desa Tegalsari Widang Tuban? (3) Bagaimana respon masyarakat terhadap pembaharuan tradisi sedekah bumi di Dusun Salen Desa Tegalsari Widang Tuban? Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan bentuk penelitian Kualitatif. Sedangkan pendekatan dan metode yang digunakan adalah etnografi yang berorientasi pada kebudayaan, dengan menghasilkan kembali fakta tentang budaya melalui pandangan, penataan, dan penghayatan suatu masyarakat yang mencakup seluruh aturan, kaidah, dan kategori yang dikenal oleh suatu masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori fungsional-struktural atau Structural-Functionalism Theory dari Talcott Parsons. Teori ini merupakan sebuah teori yang memahami sistem sosial yang kuat dihasilkan oleh perilaku suatu kelompok seperti ritual keagamaan dalam masyarakat, yang melengkapi individu dengan mekanisme tertentu guna mengatasi masalah dan tantangan psikologis. Skripsi ini menyimpulkan bahwa (1) Proses terjadinya pembaharuan tradisi sedekah bumi di Dusun Salen Desa Tegalsari Widang Tuban dilatar belakangi oleh kondisi masyarakat yang dulu kurang faham terhadap ajaran syariat Islam sehingga melakukan tradisi yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pembaharuan dalam tradisi sedekah bumi pada umumnya disebabkan oleh masyarakat sendiri, maka dari itu faktor-faktor terjadinya pembaharuan tradisi sedekah bumi dibagi menjadi dua, yakni faktor internal dan eksternal. (3) Respon dari masyarakat terhadap pembaharuan tradisi sedekah bumi banyak sekali sehingga peneliti membagi menjadi tiga golongan yaitu masyarakat yang mendukung, masyarakat yang tidak mendukung dan masyarakat awam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhon, M. Alfani Syahrualfanijunior1491@gmail.comA02219024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhazali, Imamimamghazalisaid@gmail.com2012026001
Thesis advisorZakariya, Nur Mukhlismukhlis_73@yahoo.co.id2001107302
Subjects: Budaya Islam
Islam
Adat
Keywords: Pembaharuan; sedekah bumi; Dusun Salen
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Alfani Alfani Syahru
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:25
Last Modified: 24 Aug 2023 06:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64551

Actions (login required)

View Item View Item