Profesi mucikari dalam pandangan hukum Islam dan hukum positif: studi implementasi pasal 296 & 506 KUHP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Nur Lailatul Nuzulul (2023) Profesi mucikari dalam pandangan hukum Islam dan hukum positif: studi implementasi pasal 296 & 506 KUHP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailatun Nuzulul Maghfiroh_C93219099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang akan membahas terkait “Profesi Mucikari Dalam Pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Implementasi Pasal 296 dan 506 KUHP)”. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi seputar implementasi atau penerapan hukum pada Pasal 296 dan 506 KUHP dalam pandangan hukum islam dan hukum positif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, yakni penelitian dengan sumber melalui pendekatan peraturan perundang-undangan dan literature hukum yang mengenai tentang pelacuran dan proesi mucikari. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pasal 296 KUHP dan 506 KUHP merupakan landasan hukum bagi penanganan pelacuran dan profesi sebagai mucikari di Indonesia. Hasil penelitian ini yang Pertama, Penegakan hukum terhadap mucikari dikenai pidana penjara atau kurungan sesuai pada Pasal 296 dan 506 KUHP. Kedua, untuk orang yang berprofesi sebagai mucikari dalam prakti prostitusi dalam hukum pidana islam dijatuhi hukuman jarimah takzir, karena ikut serta dalam perbuatan zina. Dari penelitian tersebut maka penulis merekomendasikan agar ada pembaharuan hukum untuk menjatuhi hukuman kepada orang yang berprofesi sebagai mucikari, untuk penerapan hukuman seharusnya lebih menjera agar menimbulkan efek jera terhadap mucikari agar tidak mengulangi perbuatan serta hukuman pada hukuman pidana islam dan pidana positif agar sebanding pada penerapannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Nur Lailatul Nuzululnuzulmaghfiroh1212@gmail.comC93219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMohammad, Isfironimoh.isfironi@gmail.com2011087001
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum - Perzinaan
Keywords: Profesi mucikari; hukum Islam; hukum positif
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Nuzulul Maghfiroh Maghfiroh
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:59
Last Modified: 29 Aug 2023 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64568

Actions (login required)

View Item View Item