Konsep uzlah al Ghazali dan Mutawahhid Ibn Bajjah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Az Zuhaili, Ahmad Syafiq (2023) Konsep uzlah al Ghazali dan Mutawahhid Ibn Bajjah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Syafiq Az Zuhaili_ E07217003 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang konsep uzlah al-Ghazali yang dianalisa banding dengan konsep al-mutawah}h}id Ibn Bajjah. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana konsep uzlah al-Ghazali dan konsep mutawah{h{id Ibn Bajjah? Dan 2) Bagaimana perbandingan konsep uzlah al-Ghazali dan konsep mutawah{h{id Ibn Bajjah? Berdasar rumusan itu, maka tulisan ini bertujuan untuk mendeksripsikan konsep uzlah al-Ghazali dan konsep mutawah{h{id Ibn Bajjah serta perbedaan dan kesamaan kedua konsep dari dua tokoh tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Konsep uzlah menurut al-Ghazali dan al-mutawah}h}id Ibn Bajjah sebenarnya hampir sama. Keduanya memaksudkan pada sikap “menghindarkan” diri dari khalayak umum, dengan tujuan menjaga diri dari kerusakan; 2) Perbedaan signifikan antara konsep al-Ghazali dengan Ibn Bajjah adalah terutama disebabkan oleh dasar asumsi serta pondasi keilmuan yang berbeda. Al-Ghazali mendasarkan bangunan konsepnya pada pondasi religius, sedangkan Ibn Bajjah lebih menekankan konsepnya pada nalar falsafi. Perbedaan lainnya, al-Ghazali dalam konsep uzlahnya masih membuka ruang pilihan untuk uzlah secara mutlak. Sedangkan Ibn Bajjah menghindari pilihan isolasi mutlak, dan lebih memilih membangun “dunia khayalan” yang dijadikan pilihan terakhir dimana ia bisa menyendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Az Zuhaili, Ahmad Syafiqahmadsyafiqazzuhaili@gmail.comE07217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Tasawuf
Keywords: Konsep; Uzlah Al Ghazali; Al Mutawahhid Ibn Bajjah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: ahmad syafiq az zuhaili
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:22
Last Modified: 19 Sep 2023 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64569

Actions (login required)

View Item View Item