Manajemen arsip digital pada pelayanan administrasi dan sumber informasi di balai diklat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Illiyyin, Zahro'ul (2023) Manajemen arsip digital pada pelayanan administrasi dan sumber informasi di balai diklat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahro'ul Illiyyin_D93219113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi menjadi solusi dari banyaknya permasalahan dalam administrasi tetapi juga dapat menjadi ancaman apabila tidak dapat mengikuti perkembangannya. Setiap hari suatu lembaga organisasi akan menghasilkan arsip- arsip sebagai bukti adanya kegiatan dalam oragnisasi tersebut. oleh karena itu arsip akan mengalami penumpukan disetiap harinya apabila arsip tidak diolah dengan baik. Arsip pada suatu organisasi sangat penting dalam menunjukkan kualitas suatu adminitrasi. Adanya arsip digital diharapkan dapat membantu dalam pengelolaan arsip dan juga membantu pada pelayanan administrasi dan sumber informasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) Perencanaan arsip digital pada pelayanan administrasi dan sumber informasi, (2) pengorganisasian arsip pada pelayanan administrasi dan sumber informasi, (3) Pelaksanaan arsip digital pada pelayanan administrasi dan sumber informasi, dan (4) dan Pengawasan arsip digital pada pelayanan administrasi dan sumber informasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, pengambilan data yang dilakukandengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada peneliti ini yaitu Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU), Kepala bagian arsiparis, Staff Administrasi. Peneliti menggunakan analisis dan interpretasi serta menggunakan triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsip yang ada pada Balai Diklat Keagamaan Surabaya merupakan arsip digital yang dalam fungsi pengelolaannya meliputi perencanaan dengan menciptakan, mengurus, memelihara sampai dengan memusnahkan arsip, selanjutnya dalam pengorganisasian arsip Balai Diklat Keagmaan Surabaya benar-benar memperhatikan dari segi tenaga arsiparis sampai dengan proses pengarispan, yang tertata dan struktur dengan SOP yang ditentukan, dan kegiatan pelaksanaan arsipnya mengikuti siklus hidup arsip teory read and ginn yaitu penciptaan, Distribusi, penggunaan, pemeliharaan, dan penyusutan yang sesuai dengan JRA. Proses pelaksanaan arsip dilakukan oleh tenaga arsiparis di ruang kantor Tata Usaha, dan kegiatan yang terakhir pengawasan yang dilakukan oleh kasubag Tata Usaha (TU) untuk mangawasu proses dari pengarsipan agar arsip tetap aktif dan aman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Illiyyin, Zahro'ulizahroul@gmail.comD93219113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Administrasi
Manajemen
Informasi
Keywords: Manajemen arsip; arsip digital; administrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zahro'ul Illiyyin Illiyyin
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:20
Last Modified: 25 Aug 2023 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64581

Actions (login required)

View Item View Item