الأفعال الكلامية الإنجازية في تغريد التويتر لعبد العزيز الحمادي (دراسة تداولية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irmawati, Irmawati (2023) الأفعال الكلامية الإنجازية في تغريد التويتر لعبد العزيز الحمادي (دراسة تداولية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irmawati_A71219050.pdf

Download (6MB)

Abstract

Abdulaziz Al-Hammadi merupakan ahli dalam teknologi komunikasi dan informasi. al-hammadi memanfaatkan media sosial Twitter untuk menyebarkan informasi terkait teknologi. Cuitan dalam Twitter al-Hammadi menggunakan bahasa teks untuk mewakili informasi yang ingin di sampaikan. Oleh karena itu, rumusan masalah yang dapat ditemukan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana bentuk tindak tutur ilokusi dalam cuitan twitter abdulaziz al hammadi, 2) bagaimana fungsi dari tindak tutur ilokusi dalam cuitan twitter abdulaziz al hammadi. Objek dalam penelitian ini adalah cuitan pada postingan akun twitter abdulaziz al-hammadi pada bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Februari 2023. Penelitian ini menggunakan teori Searle dalam analisisnya. Searle membagi tindak tutur ilokusi menjadi lima, yaitu asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah cuitan Twitter Abdulaziz al-Hammadi berupa kata, frasa, maupun kalimat beserta konteksnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, validasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil dalam penelitian ini, peneliti menemukan 1) lima bentuk tindak tutur ilokusi yang terdapat pada cuitan Twitter Abdulaziz al-Hammadi yaitu Asertif, Direktif, Komisif, Ekspresif, dan Deklaratif, dengan rincian 9 tuturan asertif, 10 tuturan direktif, 4 tuturan komisif, 6 tuturan ekspresif, dan 1 tuturan deklaratif; 2) terdapat 10 fungsi tindak tutur ilokusi dalam cuitan twitter abdulaziz al hammadi, dengan rincian: fungsi asertif untuk menyarankan 8 tuturan, 1 tuturan mengeklaim; fungsi direktif untuk menasehati 3 tuturan, 6 tuturan merekomendasikan, dan 1 tuturan meminta; fungsi komisif untuk menjamin berupa 4 tuturan; fungsi ekspresif untuk bersyukur terdapat 4 tuturan, 1 tuturan menyesal,dan 1 tuturan untuk berterima kasih, ; fungsi deklaratif untuk memberi nama terdapat 1 tuturan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irmawati, Irmawatiwatiirma918@gmail.comA71219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Keywords: Tindak tutur ilokusi; cuitan twitter; Abdulaziz al-Hammadi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Irmawati Irmawati
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:06
Last Modified: 11 Sep 2023 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64591

Actions (login required)

View Item View Item