Pengaruh fear of failure dan task motivation terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadani, Ardhita Arisukma (2023) Pengaruh fear of failure dan task motivation terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ardhita Arisukma Rahmadani_J91218079 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh fear of failure dan task motivation terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional dan teknik pengumpulan data dengan menyebar angket yang berupa skala prokrastinasi akademik, fear of failure, dan task motivation, serta menggunakan skala likert 5 poin. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 145 mahasiswa aktif program studi Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya dari semester 8 hingga semester 14 yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda yang berguna untuk mengetahui pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y yang dibantu oleh software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif antara fear of failure dengan prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien regresi 0,0835 serta terdapat pengaruh negatif antara task motivation dengan prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,087 > 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar -0,157. Kemudian hasil uji korelasi simultan menunjukan bahwa fear of failure dan task motivation secara bersama-sama berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai R Square sebesar 0,599, artinya secara simultan fear of failure dan task motivation memberikan sumbangan sebesar 59% terhadap prokrastinasi akademik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadani, Ardhita Arisukmaardhita.rahmadani@gmail.comJ91218079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana HernanyUNSPECIFIED0027027604
Subjects: Psikologi Belajar
Keywords: fear of failure; task motivation; prokrastinasi akademik
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ardhita Arisukma Rahmadani
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:07
Last Modified: 25 Aug 2023 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64601

Actions (login required)

View Item View Item