Sejarah perkembangan Yayasan Pendidikan Khoirul Huda Pabean Sedati Sidoarjo Tahun 1991 - 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamid, Yudha Nur Akhsyah (2023) Sejarah perkembangan Yayasan Pendidikan Khoirul Huda Pabean Sedati Sidoarjo Tahun 1991 - 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yudha Nur Akhsyah Hamid_A02219043 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana Sejarah Berdirinya Yayasan Khoirul Huda di Desa Pabean, Kecamatan Sedati Sidoarjo. (2) Bagaimana Perkembangan Yayasan Khoirul Huda di Desa Pabean, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan Yayasan Khoirul Huda di Desa Pabean, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. terkait dengan permasalahan diatas, Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan pendekatan sosiologi dan historis yang mana pendekatan tersebut digunakan untuk menjelaskan mengenai Asal Usul terbentuknya Yayasan Khoirul Huda serta tokoh yang berperan dalam pembentukan Yayasan Khoirul Huda, sedangkan untuk pendekatan sosiologi digunakan untuk mengetahui berbagai faktor meliputi segi sosial, budaya dan juga agama. Dalam menganalisis terkait skripsi ini penulis menggunakan teori social-institutions dan continuity and change. Howard Beckher, Leopold Van Wise dan Abu Zayd memaknai teori ini sebagai proses hubungan antar manusia membuat pemikiran baru untuk digunakan adalah metode sejarah (historis) yang melalui empat tahapan yaitu Heruistik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi (penulisan). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah, yang pertama Yayasan Pendidikan Khoirul Huda berdiri dilatar belakangi oleh dorongan masyarakat yang ingin memakmurkan Masjid yang sudah ada, juga ingin membentuk generasi penerus perjuangan, tepat pada tanggal 11 Mei 1991 di Masjid Khoirul Huda Yayasan Pendidikan Khoirul Huda terbentuk, Kedua, dalam perkembangannya Yayasan Khoirul Huda mengalami tiga kali pergantian kepengurusan dan terjadi berbagai perkembangan, baik fasilitas dan kegiatan sosial. Ketiga, Yayasan Pendidikan Khoirul Huda, tentunya mengalami dukungan dan juga hambatan. Kata Kunci: Yayasan Khoirul Huda, Perkembangan, Dukungan dan Hambatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamid, Yudha Nur Akhsyahyudhaakhsyah2000@gmail.comA02219043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com196110111991031001
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com196808062000031003
Subjects: Pendidikan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Wajib Belajar
Keywords: Yayasan Khoirul Huda; perkembangan; dukungan dan hambatan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Yudha Hamid
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:02
Last Modified: 25 Aug 2023 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64603

Actions (login required)

View Item View Item