Tradisi Suluk Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Salafiyyah Daarul Muttaqiin Bantur, Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Fitri Nur (2023) Tradisi Suluk Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Salafiyyah Daarul Muttaqiin Bantur, Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Nur Lailiyah_E07219011 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Tradisi Suluk Penganut Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Di Pondok Pesantren Daarul Muttaqiin Bantur Kab. Malang Selatan. Peneliti mengambil judul penelitian ini karena melihat adanya keunikan dari pondok pesantren tersebut yang kemudian peneliti jadikan problem akademik yang dirumuskan sebagai berikut 1). Bagaimana sejarah dan ajaran tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Pesantren Salafiyah Daaruul Muttaqin Bantur? 2). Bagaimana dasar ajaran suluk yang dikerjakan penganut tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Pesantren Salafiyah Daaruul Muttaqin Bantur? Yang kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghimpun data dan memaparkan informasi mengenai sejarah lahir dan silsilah tarekat di Pesantren Salafiyah Daaruul Muttaqin Bantur dan untuk mengetahui dan memaparkan prosesi dari tradisi suluk dan macam-macam suluk yang dikerjakan penganut tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Pesantren Salafiyah Daaruul Muttaqin Bantur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi lapangan, dan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini memiliki sumber data yang akurat yakni sumber data primer dan sekunder, sumber data primer diperoleh dari 10 subjek diantaranya adalah 1 orang mursyid sekaligus pendiri pondok pesantren salafiyah Daaruul Muttaqin Bantur, 1 orang pengasuh pondok pesantren salafiyah Daaruul Muttaqin Bantur, 3 orang santri yang telah dibai’at untuk mengikuti suluk, 5 orang jama’ah yang telah di bai’at untuk mengikuti suluk yang menjadi key informan. Sedangkan sumber sekundernya berasal dari karya-karya yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yakni di pondok pesantren salafiyyah Daarul Muttaqiin memiliki macam-macam suluk yang dikerjakan seperti suluk puasa dan wirid, alasan mengikuti suluk beserta dampaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Fitri Nurfitrinula35@gmail.comE07219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSa'ad, Mukhlisinmukhlisin.saad@yahoo.com196109281994031001
Subjects: Pesantren
Tasawuf
Keywords: Tradisi Suluk; Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah; Pesantren Salafiyyah Daarul Muttaqiin Bantur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: fitri nur lailiyah
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:38
Last Modified: 28 Aug 2023 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64604

Actions (login required)

View Item View Item