Sejarah Nabi Muhammad menurut perspektif M. Lindenborn dalam buku Zendingslich op den Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Nisrina Auliffia (2023) Sejarah Nabi Muhammad menurut perspektif M. Lindenborn dalam buku Zendingslich op den Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisrina Auliffia Rachman_A92219106 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1). Bagaimana Bagaimana riwayat hidup dari M. Lindenborn? 2). Bagaimana pemikiran M. Lindenborn? 3). Bagaimana sejarah Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam dalam buku Zendingslicht op Den Islam ?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yaitu langkah untuk merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif dengan tahapan mengumpulkan (heuristik), mengkritik (verivikasi), dan menafsirkan data (interpretasi) untuk menegakkan fakta dan kesimpulan yang kuat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yatu pendekatan studi teks serta menggunakan teori hermeneutika George Hans Gadamer yaitu Historically Effected Consciouseness. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Marinus Lindenborn merupakan pendeta sekaligus direktur Nederlandsche Zendingsvereeniging yang pertama kali mempelajari, menulis, dan mengajarkan tentang agama Islam secara sistematis dalam organisasi misionaris, 2. Dalam pemikirannya Lidnenborn menyatakan bahwa keyakinan umat Islam terhadap Allah tidak bisa disamakan dengan konsep ketuhanan Kristen, al-Qur’an memiliki isi yang diambil dari kitab-kitab sebelumnya seperti Taurat dan Injil, serta umat Islam di Jawa sebagian besar tidak melakukan syari’at Islam secara konsisten, 3. Sejarah Nabi Muhammad yang ditulis oleh Lindenborn menurut urutan waktu tidak jauh berbeda dengan sejarah yang telah disepakati. Namun hal yang membedakan ialah pemikirannya tentang karakter Nabi Muhammad yang ia anggap tidak setara dengan nabi-nabi perjanjian lama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Nisrina Auliffianisrinarachman02@gmail.comA92219106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Nabi Muhammad > Nabi Muhammad - Kepribadian
Pemikiran
Keywords: Lindenbornl Zendingslicht op den Islam; Nabi Muhammad
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nisrina Auliffia Rachman
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:54
Last Modified: 28 Aug 2023 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64613

Actions (login required)

View Item View Item