Perancangan sentra UMKM Kota Mojokerto dengan pendekatan arsitektur kontekstual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Hanifah Uzdah (2023) Perancangan sentra UMKM Kota Mojokerto dengan pendekatan arsitektur kontekstual. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifah Uzdah Safitri_H73217032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perancangan ini di latar belakangi karena krisis ekonomi yang dialami Indonesia pada masa pandemi, Indonesia memiliki potensi basis ekonomi nasional yang kuat dengan jumlah UMKM yang banyak dan daya serap kerja yang besar. Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Micro, Kecil, dan Menengah tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia dengan daya serap tenaga kerja UMKM sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha. Sehingga perlu adanya Perancangan Sentra UMKM Kota Mojokerto sebagai wadah berbagai UMKM tersebut berkumpul dalam satu tempat, agar memudahkan melakukan branding terhadap produk-produk lokal dan membantu proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan untuk menaikkan “kelas” usaha mikro demi membangkitkan perekonomian di tengah pandemi. Perancangan ini menggunakan pendekatan arsitektur kontekstual, pendekatan ini dipilih berdasarkan isu permasalahan dan dengan PERDA Kota Mojokerto Nomor 5 Tahun 2017 Pasal 32 tentang arsitektur bangunan gedung, menunjukkan bahwa bentuk bangunan harus dirancang dengan memperhatikan bentuk dan karakteristik arsitektur di sekitarnya serta serasi terhadap lingkungannya. Arsitektur kontekstual dapat dimunculkan dengan adanya pengulangan motif, kesan yang menyatu dan simbol yang selaras, pengadopsian fasad bangunan lama, penggabungan bangunan lama dengan bangunan baru, serta pengulangan bagian bangunan lama pada bangunan baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Hanifah Uzdahhanifahuzdahs@gmail.comH73217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Ekonomi
Budaya
Keywords: UMKM; kontekstual; Mojokerto
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Hanifah Uzdah Safitri
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:21
Last Modified: 29 Aug 2023 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64615

Actions (login required)

View Item View Item