Kepemimpinan afiliatif dalam upaya peningkatan kualitas anak yatim dan santri di yayasan Al Mu’awanah Tumenggungan kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rani, Korri Melindra Heti Nur (2022) Kepemimpinan afiliatif dalam upaya peningkatan kualitas anak yatim dan santri di yayasan Al Mu’awanah Tumenggungan kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Korri Melindra Heti Nur Rani_B74218045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab fokus penelitian mengenai Penerapan kepemimpinan afiliatif, Faktor Penghambat dan Pendukung Kepemimpinan Afiliatif, Dampak dari Kepemimpinan Afiliatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan berbagai teknik yaitu: wawancara yang dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan untuk narasumber, observasi dilakukan dengan cara mengamati berbagai kegiatan yang terdapat di lokasi dan yang bersangkutan dengan tema dan dokumentasi dengan cara mengupulkan data yang telah tersedia berupa foto, laporan atau dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan afiliatif adalah seorang pemimpin yang lebih menekankan kolaborasi, melakukan pendekatan terhadap anggota-anggotanya untuk membangun rasa kekeluargaan dengan melakukan interaksi yang ramah agar dapat mengembangkan relasi yang baik antara pemimpin dan anggotanya. Sesuai dengan penerapan pengasuh di Yayasan Al-Mu’awanah Tumenggungan Kabupaten Lamongan yaitu menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan, serta mampu menerima setiap masukan atau ide-ide dari anak yatim dan para santri dan tidak membanding- bandingkan antara santri satu dengan santri lainnya. Dampak penerapan kepemimpinan afiliatif pengasuh yayasan yaitu akan terciptanya rasa kekeluargaan yang harmonis antara pengasuh dengan anak yatim dan para santri. Faktor penghambat dari kepemimpinan afiliatif pengasuh yayasan adalah santri akan meremehkan ketegasan pengasuh yayasan dalam menyikapi suatu masalah, faktor pendukung dari kepemimpinan afiliatif adalah adanya respon positif dari anak yatim dan para santri atas perhatian atau simpati yang telah diberikan pengasuh kepada anak yatim dan para santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rani, Korri Melindra Heti Nurkorrimelindrahetinurrani@gmail.comB74218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Anak
Dakwah > Dakwah - Manajemen
Manajemen Dakwah
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan; afiliatif; anak yatim dan santri; pengasuh yayasan al mu’awanah Tumenggungan lamongan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Korri Melindra Heti Nur Rani
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:09
Last Modified: 06 Oct 2023 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64623

Actions (login required)

View Item View Item