Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk Gardner untuk melatihkan kemandirian belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Zahrotun (2023) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk Gardner untuk melatihkan kemandirian belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotun Nisa'_D74218042.pdf

Download (11MB)

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar ini dapat dilatih melalui sumber belajar salah satunya yaitu modul matematika. Pada penelitian ini dikembangkan modul pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk yang digagas oleh Howard Gardner untuk melatih kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul dan menghasilkan produk modul pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk Gardner yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan kemandirian belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Lamongan dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan catatan lapangan (field note), angket untuk validasi modul oleh validator, untuk mengetahui respon guru dan siswa, dan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa, serta teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis catatan lapangan, analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan modul pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan pada tahap Define (pendefinisian) merupakan tahap awal dari model 4D untuk menganalisis permasalahan sehingga diperoleh informasi terkait permasalahan dasar pada proses pembelajaran matematika. Pada tahap Design (perancangan) merupakan tahap untuk merancang modul pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk Gardner sehingga diperoleh desain sampul modul, susunan materi, dan susunan tes. Pada tahap Develop (pengembangan) dilakukan pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk Gardner sehingga diperoleh produk berupa modul yang divalidasi oleh validator dan dilakukan uji coba. Pada tahap Disseminate (penyebaran) dilakukan penyebaran modul secara terbatas kepada siswa dan guru SMPN 2 Lamongan. Selanjutnya, modul dinyatakan valid oleh ketiga validator dengan nilai rata-rata total validitas (RTV) sebesar 4,38. Modul dinyatakan praktis berdasarkan respon guru dengan persentase sebesar 95% dalam kategori sangat baik dan berdasarkan respon siswa dengan persentase sebesar 77,1% dalam kategori sangat baik. Selain itu, modul juga dinyatakan efektif untuk melatihkan kemandirian belajar siswa dilihat dari hasil persentase kemandirian belajar sedang dan tinggi sebesar 95,2% serta persentase ketuntasan tes hasil belajar siswa sebesar 76,2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Zahrotunzahrotunnisa050101@gmail.comD74218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Pendidikan
Keywords: Modul; kecerdasan majemuk; kemandirian belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zahrotun Nisa'
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:13
Last Modified: 28 Aug 2023 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64627

Actions (login required)

View Item View Item