اقتراض اللغة الإندونيسية من الكلمات العربية و استخدامها في اللغة الإندونيسية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihin, M. (2023) اقتراض اللغة الإندونيسية من الكلمات العربية و استخدامها في اللغة الإندونيسية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M.Sholihin_A91219094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan dan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia diriringi berekembangnnya Bahasa Indonesia. Bahasa memiliki keterkaitan dan kontribusi antara satu bahasa dengan bahasa lainya, misalnya antara Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Maka penelitian ini menjelaskan bagaimana kata bahasa arab dan pengaruhnya. Dengan memakai metode deskriptif kualitatif, peneliti akan menjelasakan dan menganalisa secara datail dan menyeluruh terkait kata serapan bahasa Indonesia dari Bahasa Arab serta memaparkan intervensi Bahasa Arab terhadap Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat seribu sampai dua ribu kata serapan Bahasa indonesia yang diambil dari Bahasa Arab. Dari sekian banyak kata serapan Bahasa arab tersebut, didapati bahwa ada sekitar empat ratus kata Bahasa Arab yang umum digunanakan didalam Bahasa Indonesia. Dari penenyerapan atau intervensi bahasa arab tersebut memunculkan perubahan dan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan Bahasa Indonesia, secara garis besar ada tiga kontribusi Bahasa Arab terhadap Bahasa Indoensia yaitu;1) kotribusi dalam perubahan tulisan Bahasa Indonesia yang mana sejak Bahasa Arab masuk ke Nusantara khususnya kawasan Indonesia, masyarakat muslim mulai menggunkan Aksara Arab untuk menulis dan membaca. 2) kontribusi dalam perubahan makna, dimana sebagian kata serapan tersebut mengalami perbubahan makna yang disebut, kemunduran makna (inhitotul dilalah), perpindahan makna (intiqolu dilalah), dan peningkatan makna (roqi dilalah), 3) kontribusi kata dalam perubahan fonem kata yang diserap dari Bahasa Arab yang disesuikan dengan fonem yang ada dalam Bahasa Indonesia. Itulah sebabnya banyak kata Bahasa Arab tidak pada bentuk aslinya ketika diserap dalam Bahasa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihin, M.sholihindompu@gmail.comA91219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal-2006067901
Thesis advisorNadah, Lathifatun--
Subjects: Adab
Fonetik
Sosiologi
Keywords: Bahasa Arab; Bahasa Indonesia; kata serapan; intervensi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Unnamed user with email sholihindompu@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:40
Last Modified: 22 Aug 2023 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64631

Actions (login required)

View Item View Item