Dialog antar agama: studi kasus metode Scriptural Reasoning (SR) pada komunitas Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) di kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karunia, Adinda Ria (2023) Dialog antar agama: studi kasus metode Scriptural Reasoning (SR) pada komunitas Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) di kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Ria Karunia_E92216045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunitas yang digagas di Kota Yogyakarta pada tahun 2012 oleh mahasiswa Center of Religious Cross-Cultural Studies (CRCS) ini diberi nama Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC), dengan prinsip pemuda yang gemar mewartakan gerakan perdamaian, ditengah isu-isu radikalisme yang menjangkit para remaja di Indonesia. YIPC berfokus kepada umat muslim dan kristiani saja, berdasarkan survey yang menerangkan bahwa agama Islam dan Kristen menduduki posisi puncak jumlah kepemelukan agama di Indonesia, disamping informasi bahwa dua agama ini seringkali berkonflik di beberapa elemen masyarakat Indonesia. YIPC pada konsepnya membawakan nilai perdamaian yang di kemas menjadi 12 Nilai Perdamaian, salah satunya ada Scriptural Reasoning (SR) yang berisikan praktek dialog kepada umat agama lain, dialog dalam konteks SR adalah dialog keagamaan yang mana membahas intisari kitab suci dari agama Islam dan agama Kristen yang memiliki kontras dalam penjelasannya. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode Scriptural Reasoning (SR) yang dilakukan oleh komunitas YIPC? 2) Bagaimana praktik metode Scriptural Reasoning (SR) yang dilakukan oleh YIPC? Daripada rumusan masalah yang menjadi landasan dalam penelitian ini, peneliti memiliki dua tujuan yaitu untuk mengetahui metode Scriptural Reasoning (SR) pada YIPC dan Untuk mengetahui praktik metode Scriptural Reasoning (SR) pada YIPC. Dengan menggunakan teori psikoanalisa dari Carl Jung, nantinya peneliti akan menganalisa sisi psikologi dari peserta atau anggota YIPC terkait penggunaan metode SR dalam berdialog antar agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karunia, Adinda Riaadindariak@gmail.comE92216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama

Toleransi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Dialog antar agama; Scriptural Reasoning (SR); Young Interfaith Peacemaker Communit (YIPC)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Adinda Ria Karunia
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:18
Last Modified: 29 Aug 2023 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64633

Actions (login required)

View Item View Item