Pengembangan instrumen literasi numerasi pada pembelajaran matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmayani, Mariel Tania (2023) Pengembangan instrumen literasi numerasi pada pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mariel Tania Darmayani_D74219028.pdf

Download (25MB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan keterampilan membaca dan menulis yang berkaitan dengan komunikasi, matematisasi, representasi, penalaran dan pemberian alasan, strategi untuk memecahkan masalah, penggunaan operasi dan bahasa simbolik, bahasa formal, dan bahasa teknis dan penggunaan alat matematika dalam pemecahan masalah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk proses pengembangan instrumen melalui model plomp dengan mengukur validitas dan reliabilitas instrumen literasi numerasi pada pembelajaran matematika agar siswa dapat memenuhi indikator literasi numerasi melalui tes tulis literasi numerasi yang telah dikembangkan melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini berupa soal tes literasi numerasi dengan 02 butir soal menjodohkan, 02 butir soal pilihan ganda kompleks dan 02 butir soal pilihan ganda benar-salah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development yang mengacu pada model Plomp. Penelitian ini diterapkan kepada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan beberapa teknik yaitu studi literatur, penyebaran angket, dan tes. Hasil analisis tes tulis, penyebaran angket dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Pada proses pengembangan, pada tahap pengkajian awal didapatkan data mengenai materi, siswa dan kurikulum yang digunakan pada SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo yaitu kurikulum 2013. Pada tahap perancangan, peneliti merancang kisi-kisi penilaian literasi numerasi. Pada tahap realisasi/ konstruksi, peneliti membuat 2 butir soal menjodohkan, 2 butir soal pilihan ganda komples dan 2 butir soal pilihan ganda benar-salah. Pada tahap tes, evaluasi dan revisi, peneliti melakukan olah data untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen literasi numerasi. 2) Berdasarkan hasil validasi oleh 3 validator ahli yang dihitung melalui rumus Aiken’s pada validitas isi didapatkan nilai kevalidan dalam empat aspek yakni aspek komponen, aspek penilaian, aspek isi, dan aspek bahasa sebesar 0,71 yang artinya instrumen dapat diujikan dengan sedikit perbaikan. Hasil ini diperkuat dengan hasil validitas empiris menggunakan korelasi product moment yang juga menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan bernilai valid dengan nilai sebesar 0,624. 3)Berdasarkan perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpa Cronbach, koefisien reliabilitas termasuk ke dalam kategori reliabel sedang pada butir soal 1dan kategori reliabel tinggi pada butir soal 2, soal 3, soal 4 soal 5 dan soal 6 sehingga dapat disimpulkan bahwa soal literasi numerasi pada pembelajaran matematika yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat dipercaya dan memberikan hasil yang sama apabila disajikan pada subjek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmayani, Mariel Taniamarieltania.darmayani@gmail.comD74219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.co.id2011118102
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.co.id2003017703
Subjects: Guru
Matematika
Keywords: Model plomp; literasi numerasi; indikator soal; validitas; reliabilitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mariel Tania Darmayani
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:48
Last Modified: 01 Sep 2023 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64637

Actions (login required)

View Item View Item