Problematika implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 2 Mojosari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarihah, Zumrotul (2023) Problematika implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 2 Mojosari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotul Mufarihah_D01219052 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana pembelajaran yang mencakup isi, materi pelajaran yang terstruktur dengan baik sehingga dapat digunakan oleh lembaga sebagai acuan dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan, hal ini lakakuan karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Pada saat ini kurikulum yang baru saja diadopsi oleh pemerintah ialah kurikulum merdeka, namun dalam pengimplementasiannya masih terdapat beberapa problematika yang perlu diatasi, karena kurikulum merdeka ini masih dalam tahap penyesuaian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil beberapa responden yaitu Waka kurikulum guru PAI dan beberapa peserta didik. Dalam pengambilan data digunakan teknik wawancara observasi serta dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelasskan tentang pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan Islam, problematika yang dihadapi serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut. Ada tiga problematika yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti diantaranya mengenai pemahaman guru dan sarana prasarana terkait kurikulum merdeka, serta pemahaman peserta didik terhadap materi pendidikan agama islam dan pendidikan karakter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarihah, Zumrotulmufarihahzumrotul@gmail.comD01219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, SyaifuddinUNSPECIFIED196911291994031003
Thesis advisorHunaida, Wiwin LuqnaUNSPECIFIED197402072005012006
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Kurikulum Merdeka; mata pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zumrotul Mufarihah
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:41
Last Modified: 28 Aug 2023 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64652

Actions (login required)

View Item View Item