Efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz dalam meningkatkan kemampuan literasi baca qur’an peserta didik kelas XI pada pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 1 Maronge

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Widya Kurnia (2023) Efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz dalam meningkatkan kemampuan literasi baca qur’an peserta didik kelas XI pada pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 1 Maronge. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya kurnia ulfa_D71218104.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan literasi baca qur’an peserta didik kelas XI sebelum menerapkan metode pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMAN 1 Maronge. 2) Kemampuan literasi baca qur’an peserta didik kelas XI setelah menerapkan metode pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMAN 1 Maronge. 3) Efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz dalam meningkatkan kemampuan literasi baca qur’an peserta didik kelas XI pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMAN 1 Maronge. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest guna mengetahui kemampuan literasi peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran team quiz. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh, yakni penentuan sampel aabila semua anggota populasi digunakan seutuhnya sebagai sampel. Data diperoleh dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung melalui analisis deskriptif dan parametrik. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa; 1) Kemampuan literasi baca qur’an peserta didik kelas XI sebelum menerapkan metode pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMAN 1 Maronge, memperoleh nilai rata-rata (mean) 38.36, nilai tengah (median) 38.00, nilai yang sering muncul (modus) 38, nilai minimal (minimum) 33, serta nilai maksimal (maximum) 45. 2) Kemampuan literasi baca qur’an peserta didik kelas XI setelah menerapkan metode pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMAN 1 Maronge, memperoleh nilai rata-rata (mean) 48.64, nilai tengah (median) 49.00, nilai yang sering muncul (modus) 46, nilai minimal (minimum) 42, serta nilai maksimal (maximum) 55. 3) Penerapan metode pembelajaran aktif tpe team quiz memiliki efektivitas terhadap peningatan kemampuan literasi baca qur’an peserta didik kelas XI pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMAN 1 Maronge. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian Sig. (2-tailed) yakni sebesar 0,000. Nilai ini menunjukkan (kurang dari) < 0,05 dari taraf signifikansi dalam Uji Paired Sample T-Test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Widya Kurniakwidya27@gmail.comD71218104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorAbitholkha, M. Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Agama
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Metode pembelajaran; team quiz; kemampuan literasi baca quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widya Kurnia Ulfa
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:46
Last Modified: 10 Oct 2023 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64655

Actions (login required)

View Item View Item