Inovasi produk Mawar Emas dengan Akad Qard : studi community development berbasis masjid pada pembiayaan di Bank NTB Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulpawati, Zulpawati (2021) Inovasi produk Mawar Emas dengan Akad Qard : studi community development berbasis masjid pada pembiayaan di Bank NTB Syariah. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulpawati_F02314010 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Inovasi produk merupakan suatu hal yang urgent yang harus dilakukan perbankan syariah di tengah persaingan bisnis dan faktor kompetisi yang semakin tinggi. Di samping itu, perbankan syariah harus berperan aktif dalam memakmurkan masjid dan memberdayakan jamaahnya. Penelitian bertujuan menganalisis dan menemukan bentuk inovasi produk pembiayaan Mawar Emas Bank NTB Syariah denagan akad qard} dan kesesuaiannya dengan fatwa DSN-MUI serta kontribusi produk Mawar Emas tersebut dalam upaya community development berbasis masjid.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data lapangan di peroleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menyimpulkan: Pertama, inovasi yang dilakukan pada produk pembiayaan Mawar Emas mencakup; a) pola penyaluran pembiayaan, dengan melibatkan beberapa lembaga terkait, b) penerapan sistem tanggung renteng dan asuransi secara bersamaan, c) Sumber pendanaan produk Mawar Emas berasal dari dana komersil. Kedua, model inovasi produk yang dilakukan Bank NTB Syariah melalui produk Mawar Emas dengan akad qard} telah sesuai dengan ketentuan fatwa DSN-MUI nomor 19/DSN-MUI/IV/2001 tentang qard} dan fatwa nomor 79/DSN-MUI/III/2011 tentang qard} dengan menggunakan dana nasabah. Ketiga, Kontribusi produk Mawar Emas Bank NTB Syariah dalam upaya community development berbasis masjid bisa dilihat dari beberapa aspek, yaitu aspek pemakmuran masjid dan aspek pemberdayaan ekonomi. Implikasi teoritik dari kajian ini bahwa dana komersil perbankan syariah boleh digunakan untuk pembiayaan dengan akad qard} selama tidak ada pembebanan lebih kepada nasabah qard}. Selain itu, terdapat berbedaan yang antara pembiayaan ultra mikro model Grameen Bank M. Yunus dengan pembiayaan ultra mikro Mawar Emas Bank NTB Syariah. Mawar Emas berfokus di masjid sebagai upaya community development yang didasarkan kepada sinergitas antar lembaga baik pemerintah, organisasi kemasyarakatan, perbankan syariah dan Ta’mir Masjid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulpawati, Zulpawatizulpawati@uinmataram.ac.id.F02314010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMawardi, Ahmad Imam--2020087004
Thesis advisorFauzia, Ika Yunia--0702068201
Subjects: Bank Islam
Keywords: Inovasi Produk; Akad Qard; Rentenir; Ta’mir Masjid; Mawar Emas; Pemberdayaan Masjid.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulpawati Zulpawati
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:55
Last Modified: 01 Aug 2023 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64661

Actions (login required)

View Item View Item