Manajemen rekrutmen guru dalam meningkatkan mutu di madrasah ibtidaiyah Nurul Ulum dan Nurul Huda Kepulauan Giliraja Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Nur Jannatul (2023) Manajemen rekrutmen guru dalam meningkatkan mutu di madrasah ibtidaiyah Nurul Ulum dan Nurul Huda Kepulauan Giliraja Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
NUR JANNATUL FAJRIYAH_D93216084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Guru yang berkualitas dan profesional sangatlah diperlukan dalam rangka meningkatkan mutu sekolah yang berfungsi sebagai sarana pendidikan. Selain itu, guru yang berkualitas dan profesional diperlukan untuk menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia-manusia yang kompeten dan unggul. Karena itu dibutuhkan rekrutmen guru yang berkualitas dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen rekrutmen guru dalam meningkatkan mutu di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum dan Nurul Huda Kepulauan Giliraja Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rekrutmen guru di MI Nurul Ulum dan MI Huda sudah diterapkan meskipun dalam bentuk yang paling sederhana. Mutu pendidikan di kedua lembaga tersebut diklaim sama-sama berkualitas dengan indikator prestasi siswa yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Kemudian, manajemen rekrutmen guru yang baik yang telah dilakukan kedua sekolah tersebut ditengarai sebagai sebab yang mampu meningkatkan mutu pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Nur Jannatulnurjannatulfajriyah99@gmail.comD93216084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Guru
Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Keywords: Manajemen; rekrutmen guru; mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Jannatul Fajriyah
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:15
Last Modified: 06 Sep 2023 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64669

Actions (login required)

View Item View Item