Makna upacara Adat Ngasa bagi masyarakat di Jalawastu Ciseureuh Brebes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nata, Aji Nurul Eva (2023) Makna upacara Adat Ngasa bagi masyarakat di Jalawastu Ciseureuh Brebes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aji Nurul Eva Nata_E92218059 OK.pdf

Download (956kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi dengan adanya rasa penasaran atau kegelisahan peneliti mengenai Makna Upacara adat ngasa dengan Judul ” Makna Upacara Adat Ngasa bagi Masyarakat di Jalawastu Ciseureuh Brebes”. Tujuan Penelitian adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Tri Hita Karana dalam Upacara Adat Ngasa dan Makna Tradisi Ngasa dalam Pandangan Umat Masyarakat di Dusun Jalawastu Ciseureuh Brebes. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif, menggambarkan dan menceritakan apa saja yang dialami peneliti dengan mendeskripsikan dalam sebuah tulisan, dalam Pelaksanaan Tri Hita Karana dalam Upacara Adat Ngasa dan Makna Tradisi Ngasa dalam Pandangan Umat Masyarakat, data yang diperoleh adalah hasil observasi, wawancara, dokumentasi di Jalawastu Ciseureuh Brebes. Kajian teori yang menjadi acuan penelitian adalah Ritual Perspektif Victor Turner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Tri Hita Karana dalam Upacara Adat Ngasa di Jalawastu Ciseureuh Brebes, Proses Pelaksanaan Tri Hita Karana dalam Ritual Upacara adat Ngasa Dusun Jalawastu merupakan visi kesemestaan hidup dan kehidupan, sekaligus merupakan ajaran perilaku nyata penghargaan atau kesopanan untuk hidup bersama dalam hubungan dengan Tuhan Pencipta, waktu, alam, alam semesta, dan sesama makhluk hidup yang mana Upacara Ngasa sendiri berarti perwujudan rasa syukur kepada Allah dengan mengaplikasikan nilai kesedarhanaan dengan makan - makanan tanaman hasil dari hutan dan ada hubungan dari nilai sedekah, silaturahim dari tradisi, Pada prosesi upacara Ngasa juga terdapat makna dan nilai-nilai agama dan budaya yang terkandung di dalam budaya Ngasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nata, Aji Nurul Evanuruleva21@gmail.comE92218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani10@yahoo.co.id / feryani66@gmail.com2008026901
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama

Adat
Budaya
Keywords: Tri Hita Karana; Makna; Upacara Adat Ngasa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Aji Nurul Eva Nata
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:15
Last Modified: 05 Sep 2023 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64673

Actions (login required)

View Item View Item